Studi tiga media komunikasi informasi Pertanian (Kaset rekaman, Folder dan VCD) terhadap tingkat pengetahuan petani pada pembuatan Tortila Jagung : Kasus Pada Sekolah Lapang Raharjo di Dusun Wonokoyo, Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten

Hidayati, FatimahNur (2006) Studi tiga media komunikasi informasi Pertanian (Kaset rekaman, Folder dan VCD) terhadap tingkat pengetahuan petani pada pembuatan Tortila Jagung : Kasus Pada Sekolah Lapang Raharjo di Dusun Wonokoyo, Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi pertanian yang sesuai dengan kebutuhan sangat diperlukan oleh petani. Informasi yang ada harus cepat sampai ke tangan pengguna. Kelancaran suatu informasi sampai ke tangan pengguna, dalam hal ini petani, memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Pada umumnya kesempatan petani untuk bertemu dengan penghasil teknologi sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang dapat mengakomodir segala permasalahan dan kebutuhan petani. Pengenalan pembuatan Tortila Jagung perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan petani terhadap informasi yang diberikan melalui penggunaan media komunikasi informasi: kaset rekaman, folder dan VCD. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan proses komunikasi melalui media komunikasi informasi (kaset rekaman, folder dan VCD) pada pembuatan Tortila Jagung; 2) Menganalisis tingkat pengetahuan petani melalui media komunikasi informasi (kaset rekaman, folder dan VCD) pada pembuatan Tortila Jagung. Lokasi penelitian adalah di Dusun Wonokoyo, Desa Klopo Sepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur dengan pertimbangan bahwa di dusun tersebut terdapat Sekolah Lapang Raharjo yang cukup potensial dan aktif. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2006. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yang ditujukan untuk meneliti hubungan sebab akibat dengan memanipulasi 3 (tiga) kelompok eksperimental. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode desain eksperimental. Tingkat pengetahuan responden pada pembuatan Tortila Jagung dengan menggunakan media komunikasi informasi: kaset rekaman, folder dan VCD berkategori tinggi hal ini berarti secara keseluruhan responden telah mengetahui maksud dan tujuan dari adanya penyuluhan bidang pertanian melalui media komunikasi informasi: kaset rekaman, folder dan VCD pada pembuatan Tortila Jagung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2006/050602056
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 May 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127364
[thumbnail of Copy_of_Studi_Tiga_Media_Komunikasi_Informasi_Pertanian.pdf]
Preview
Text
Copy_of_Studi_Tiga_Media_Komunikasi_Informasi_Pertanian.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item