Hubungan karakteristik konsumen dengan berbagai atribut dalam pembelian minyak goreng di Kota Malang

TriWidiyantiWisdaSetyani (2006) Hubungan karakteristik konsumen dengan berbagai atribut dalam pembelian minyak goreng di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan bahan pokok penduduk Indonesia. Tingkat konsumen minyak goreng di Indonesia mencapai lebih dari 2,5 juta ton per tahun, atau lebih dari 12 kg/orang/tahun. Pola konsumsi penduduk di Indonesia saat ini cenderung menyukai makanan gorengan merupakan salah satu pendorong meningkatnya konsumsi minyak goreng di Indonesia. Potensi permintaan domestik yang besar akan minyak gorenga ini memberikan peluang yang cukup besar bagi produsen untuk terjun ke dalam pasar minyak goreng dalam negeri. Ini berarti semakin banyak pula produk yang tersedia di pasar, yang bisa menyebabkan konsumen mempunyai kekuatan untuk tersedia di pasar, yang bisa menyebabkan konsumen mempunyai kekuatan untuk memilih produk yang dapat memenuhi kepuasannya. Perilaku konsumen ini bisa menjadi acuan dalam menentukan strategi pemasaran, untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai karakteristik konsumen dan atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam membeli minyak goreng. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana karakteristik konsumen minyak goreng di dua tempat perbelanjaan, (2) Bagaimana hubungan karakteristik konsumen dengan berbagai atribut dalam pembelian produk minyak goreng. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng di dua tempat perbelanjaan, (2) Untuk menganalisis hubungan karakteristik konsumen dengan berbagai atribut dalam pembelian minyak goreng. Sedangkan manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan ataupun perumusan strategi bersaing dalam industri minyak goreng. (2) Sebagai tambahan pengetahuan dalam memahami persaingan pasar minyak goreng dan referensi bagi peneliti lebih lanjut. Hipotesis penelitian ini adalah : diduga terdapat hubungan antara karakteristik konsumen minyak goreng yaitu umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan volume konsumen dengan atribut minyak goreng yang berupa merek, harga, kemasan, kandungan gizi dan kolestrol serta layanan konsumen. Penelitian ini hanya terbatas pada penelitian hubungan karakteristik konsumen dengan atribut minyak goreng dalam keputusan pembelian. Karakteristik konsumen yang diteliti yaitu umur, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, dan volume konsumsi. Atribut minyak goreng yang diteliti yaitu : merek, harga, kemasan, kandungan gizi dan kolesterol serta layanan konsumen.Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Ratu Supermarket dan Hero Supermarket Malang dengan pertimbangan bahwa kedua tempat perbelanjaan ini memiliki konsumen terhadap produk minyak goreng dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda dan lebih heterogen. Selain ini kedua tempat perbelanjaan ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara langsung dengan konsumen dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur sebagai penunjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2006/050602055
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 May 2007 00:00
Last Modified: 20 Oct 2021 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127363
[thumbnail of Copy_of_Hubungan_Karakteristik_Konsumen_Dengan_Berbagai_Atribut.pdf]
Preview
Text
Copy_of_Hubungan_Karakteristik_Konsumen_Dengan_Berbagai_Atribut.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item