Eksplorasi Potensi Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sebagai Upaya Konservasi Lingkungan Di Sman 1 Karangan Trenggalek, Jawa Timur

AmandaPutriNastiti (2017) Eksplorasi Potensi Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sebagai Upaya Konservasi Lingkungan Di Sman 1 Karangan Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi global yang buruk akibat ulah manusia seperti penebangan pohon dan pembuangan sampah di sungai dapat diatasi dengan program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi yang dimiliki sekolah untuk mendukung pelaksanaan program Adiwiyata dalam proses menjadi sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten dan menganalisis kendala yang dialami sekolah beserta solusinya dalam proses menjadi sekolah Adiwiyata di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan gap analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 1 Karangan Trenggalek berpotensi untuk menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten. Kendala yang dialami yaitu kurangnya kesadaran warga sekolah untuk menjaga lingkungan sekitarnya dan belum mengalokasikan anggaran dana untuk kegiatan Adiwiyata. Solusi yang dapat diterapkan yaitu kontrol dan keteladanan dari pemimpin, pembentukan komisi disiplin, penghematan sumber daya, membangun komitmen kedisplinan antar siswa, pengalokasian dana untuk kegiatan Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/229/051704487
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Jun 2017 09:15
Last Modified: 22 Jun 2017 09:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127344
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item