EnggalingSarosa, Yoang (2015) Pemanfaatan Zeolit Alam Sebagai Adsorben Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyumbang polusi udara berupa gas CO,CO2 dan hidrokarbon paling besar ditimbulkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini memanfaatkan zeolit alam sebagai adsorben untuk mengurangi emisi gas CO,CO2 dan hidrokarbon dari kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan zeolit alam tanpa aktivasi dan zeolit alam aktivasi kimia dan fisik. Perlakuan aktivasi menggunakan HCl 0,4M dan kalsinasi suhu 500oC. Adsorben zeolit alam dengan semen porland putih dibuat dengan komposisi perbandingan (100:0 ; 88,75:12,5 ; 75:25 ; 62,5:37,5 dan 50:50). Hasil karakterisasi XRD menunjukkan jenis zeolit alam mordenit dengan kandungan kuarsa. Hasil karakterisasi EDX menunjukkan perubahan rasio Si/Al dari 4,15 menjadi 6,01 pada zeolit alam perlakuan aktivasi kimia dan fisik. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan struktur zeolit alam perlakuan aktivasi kimia dan fisik lebih berpori dan berongga dengan ukuran butir lebih kecil. Hasil karakterisasi FT-IR zeolit alam tanpa perlakuan aktivasi menunjukkan puncak serapan pada 449,53; 781,12; 1054,99; 1637,45 dan 3406,05 cm-1. Hasil uji tekan menunjukkan penambahan semen dapat meningkatkan kekuatan tekan pada adsorben. Hasil penelitian uji daya serap gas menggunakan stargas D 898 OTC menunjukkan kemampuan daya serap zeolit alam perlakuan aktivasi kimia dan fisik terhadap gas hidrokarbon dan karbondioksida lebih tinggi daripada zeolit alam tanpa perlakuan aktivasi. Tetapi kemampuan daya serap zeolit alam perlakuan aktivasi kimia dan fisik terhadap gas karbonmonoksida lebih rendah daripada zeolit alam tanpa perlakuan aktivasi. Penambahan semen portland putih pada adsorben menyebabkan penurunan daya serap gas. Kesetimbangan daya serap gas hidrokarbon, gas karbondioksida dan gas karbonmonoksida berturut-turut pada zeolit alam tanpa perlakuan aktivasi mempunyai efisiensi sebesar 37,83%, 39,95% dan 45,53%, sedangkan pada zeolit alam perlakuan aktivasi kimia dan fisik sebesar 43,7%, 46,58% dan 43,64%. Kata kunci: aktivasi, daya serap, emisi gas buang, semen portland putih, zeolit alam.
English Abstract
The biggest contributor of air pollution such as CO, CO2 and hydrocarbon is caused by vehicle exhaust emissions. The purpose of this research is utilize the natural zeolite as an adsorbent to reduce emissions of CO, CO2 and hydrocarbons from vehicles. This research uses natural zeolite without treatment and natural zeolite with chemical and physical treatment. Chemical and physical treatment on natural zeolite are using HCl 0,4 M and heating at temperature 500oC. Adsorbent is made by natural zeolite and white portland cement with ratio composition (100:0 ; 88,75:12,5 ; 75:25 ; 62,5: 37,5 and 50:50). The results of XRD characterization on natural zeolite shows the type of natural zeolite mordenite with quartz content. The results of EDX characterization on natural zeolite with chemical and physical treatment shows the changes of ratio Si/Al from 4,15 to 6,01. The results of SEM characterization shows the structure of natural zeolite with chemical and physical treatment is more porous and hollow with a smaller grain size. The results of FT-IR characterization on natural zeolite without treatment shows peaks at 449,53; 781,12; 1054,99; 1637,45 and 3406,05 cm-1. The results of pressure test show addition of white portland cement can increase compressive strength of adsorbent. The results of study gas adsorption using stargas D 898 OTC shows adsorption capability of hydrocarbon and carbondioxide gas on natural zeolite with chemical and physical treatment is higher than the natural zeolite without treatment. But the adsorption capability of carbonmonoxide gas on natural zeolite with chemical and physical treatment is lower than the natural zeolite without treatment. The addition of white portland cement can decrease gas adsorption. The efficiency of adsorption equilibrium of hydrocarbon, carbondioxide and carbonmonoxide gas on natural zeolite without treatment are 37,83%, 39,95% and 45,53%, while the natural zeolite with chemical and physical treatment are 43,7%, 46,58% and 43,64%. Keywords: natural zeolite, white portland cement, treatment, vehicle exhaust emissions, adsorption.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FMIPA/2015/71/051501542 |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 15:33 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127330 |
Preview |
Text
Skripsi_Yoang_Enggaling_Sarosa.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |