Perbandingan penskalaan dimensi ganda Non-metrik dengan menggunakan tiga jarak (euclidean, chebyshev dan minkowski).

yuliana, Mila (2015) Perbandingan penskalaan dimensi ganda Non-metrik dengan menggunakan tiga jarak (euclidean, chebyshev dan minkowski). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis penskalaan multidimensional merupakan analisis eksplorasi data multivariat bersifat kualitatif yang menggunakan data non-metrik. Dengan begitu suatu format fungsional sangat berkaitan erat dengan menghitung jarak. Prosedur penskalaan multidimensional non-metrik secara langsung menghubungkan dekatnya dan jarak itu diukur dalam bentuk linear. Pada penelitian ini penulis menganalisis perbandingan penskalaan multidimensional dengan menggunakan tiga jarak (Euclidean, Chebyshev dan Minkowski) yang dipilih dari beberapa macam jarak karena sangat sering digunakan pada analisis multivariat selain itu juga memiliki fungsi jarak yang hampir sama. Penelitian ini tidak menggunakan jarak Manhattan atau city block karena jarak tersebut biasa mengaplikasikan data pencilan atau Outlier. Tiga jarak yang dipilih akan dibandingkan nilai Stress dan R2 yang terbaik serta konsisten pada semua data. Penulis menggunakan data sekunder penelitian manajemen pemasaran produk dari fakultas pertanian. Hasil analisis menunjukkan, dari ketiga jarak yang paling baik seharusnya digunakan adalah Euclidean karena nilai Stress = 0.19 % dan RSQ= 99.99%dinyatakan kriteria yang sempurna dalam menjelaskan keragaman model dan selalu konsisten dibandingkan dengan jarak Chebyshev yang nilai Stress dan R2 tidak konsisten.

English Abstract

Multidimensional scaling analysis is an exploratory analysis of multivariate data is qualitative which use non - metric . With such a functional format is very closely linked to calculate the distance . Multidimensional scaling procedure is non - metric directly connecting nearby and the distance was measured in a linear form . In this study the authors analyzed the multidimensional scaling ratio using three distances Euclidean, Chebyshev and Minkowski chosen from some kind of distance because it is very often used in multivariate analysis but it also has a function that is almost the same distance. This study did not use a distance of Manhattan or city block as the usual range of data outliers or Outlier apply . Three distances are chosen to be compared to the value of Stress and R2 are the best and consistent on all data. The author uses secondary data research product marketing management of agricultural faculty . The analysis showed, from the third best distance should be used is the Euclidean because Stress value = 0.19 % and 99.99 % R2 = perfect criterion stated in explaining the diversity of models and always consistent compared with the Chebyshev distance Stress and R2 values are inconsistent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2015/67/051501538
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Feb 2015 14:12
Last Modified: 20 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127326
[thumbnail of MILAYULIANA_0910953036_STATISTIKA_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
MILAYULIANA_0910953036_STATISTIKA_LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item