Studi Pemberian Ekstrak Kerang Pisau (Solen Spp) Terhadap Aktivitas Protease Dan Profil Protein Pada Duodenum Tikus (Rattus Novergicus) Model Inflammatory Bowel Disease (Ibd)

Khabiba, Zumrotun (2017) Studi Pemberian Ekstrak Kerang Pisau (Solen Spp) Terhadap Aktivitas Protease Dan Profil Protein Pada Duodenum Tikus (Rattus Novergicus) Model Inflammatory Bowel Disease (Ibd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan penyakit inflamasi kronis pada saluran pencernaan. Salah satu penyebab IBD karena induksi indometasin, salah satu golongan Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID) yang dapat meningkatkan produksi ROS sehingga memicu terjadinya inflamasi pada saluran pencernaan dan dapat mempengaruhi duodenum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kerang pisau terhadap aktivitas protease dan profil protein pada duodenum tikus putih (Rattus norvegicus) yang di induksi indometasin. Penelitian ini menggunakan tikus(Rattus norvegicus) jantan dengan berat badan 150 – 200 gram dan umur 8 – 12 minggu. Tikus dibagi dalam lima kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok IBD, kelompok terapi dosis 100mg/kgBB, dosis 400 mg/kgBB dan 700 mg/kgBB. Tikus model IBD diperoleh dengan induksi indometasin 15 mg/Kg BB per oral yang diberikan satu kali pada hari ke-1. Terapi ekstrak kerang pisau dilakukan selama 14 hari. Aktivitas protease diukur dengan menggunakan metode spektrofotometri, analisa data aktivitas protease menggunakan analisa ragam ANOVA dan uji lanjutan BNJ sedangkan karakterisasi profil protein duodenum dengan menggunakan SDS-PAGE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi ekstrak kerang pisau (Sollen spp) dengan dosis 100mg/kgBB, dosis 400 mg/kgBB dan dosis 700 mg/kgBB secara signifikan (p<0,05) mampu menurunkan aktivitas protease, yakni berturut-turut 23,6% ,41,1% dan 8,5%. Serta mampu menekan inflamasi pada duodenum tikus (Rattus novergicus) model IBD dengan hilangnya protein yang ada pada IBD yaitu dengan berat molekul 60 kDa yang diduga Vasoactive intestinal polypeptide(VIP). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak metanol kerang pisau dapat digunakan sebagai terapi pada tikus model IBD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2017/51/051702666
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 20 Mar 2017 15:06
Last Modified: 20 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127298
[thumbnail of BAB_6_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_6_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran2.pdf]
Preview
Text
lampiran2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran3.pdf]
Preview
Text
lampiran3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_00.pdf]
Preview
Text
bab_00.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_5_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3_KErangka_konsep.pdf]
Preview
Text
BAB_3_KErangka_konsep.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_4_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item