Hidayanto, Bagus Dwi (2018) Analisis Keselamatan Kerja Operator Unit Bending & Rolling Pada Industri Kereta Api Menggunakan Metode Fuzzy HEART. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Industri Kereta Api (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang industri transportasi kereta api di Indonesia dan satusatunya perusahaan industri transportasi kereta api di Asia Tenggara. PT Industri Kereta Api (Persero) berlokasi di Kota Madiun, Jawa Timur. Pada tahun 2017 PT Industri Kereta Api (Persero) telah mendapatkan sertifikasi SMK3 sesuai dengan PP Nomor 50 Tahun 2012. Penerapan K3 pada PT Industri Kereta Api (Persero) telah diterapkan dengan baik diantaranya pakaian dan sepatu safety, penerapan 5S di tiap proses produksi, penggunaan helm pada lingkungan industri, jalur evakuasi dan penggunaan ear muff pada lingkungan yang mengalami intensitas kebisingan yang tinggi. Tetapi pada penerapannya masih banyak terjadi permasalahan kecelakaan kerja. Pada tahun 2017 penggunaan mesin di Unit Bending & Rolling khususnya pada Mesin Double Action Press, PB RG-300 dan Bending Roll menimbulkan 2 kecelakaan parah yang mengharuskan korban untuk dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan bahkan operasi. Dari hasil identifikasi menunjukkan bahwa kecelakaan kerja terjadi dikarenakan human error. Oleh karena itu, tingkat probabilitas terjadinya human error perlu diperhitungkan untuk mengurangi tingkat kesalahan kerja yang mungkin terjadi oleh operator. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kegagalan kerja yang diakibatkan oleh kesalahan manusia. Metode Fuzzy Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) dipilih karena dari data historis dapat diketahui bahwa kecelakaan kerja terjadi diakibatkan oleh kesalahan operator dalam melakukan setiap aktivitas kerja. Metode HEART memiliki kelemahan pada tingginya subjektivitas pada penentuan nilai Assessed Proportion of Effect (APOE). Untuk mengatasi kelemahan tersebut maka digunakanlah konsep fuzzy linguistic dalam penentuan nilai APOE. Sebelum dilakukan perhitungan Human Error Probability (HEP) menggunakan metode Fuzzy HEART maka terlebih dahulu dilakukan breakdown terhadap setiap aktivitas pengoperasian mesin menggunakan Hierarchical Task Analysis (HTA). Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja akibat human error, mengetahui probabilitas terjadinya kecelakaan kerja dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi kecelakaan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga mesin yaitu Mesin Double Action Press, PB RG-300 dan Bending Roll menghasilkan nilai Human Error Probability (HEP) terbesar pada task saat memulai proses pressing sebesar 0,41, proses bending sebesar 0,43 dan proses rolling sebesar 0,37. Dari hasil identifikasi akar masalah menggunakan metode 5 why menghasilkan 5 rekomendasi perbaikan yaitu penggunaan magnetic lifter sebagai alat bantu operator untuk menggeser material dalam mengoperasikan Mesin Double Action Press, membuat safety line pada masing-masing mesin, pembuatan Standart Operasional Prosedur (SOP) secara tertulis, pembuatan safety sign pada masing-masing mesin, melakukan rangkaian safety talk baik sebelum bekerja maupun setelah bekerja.
English Abstract
PT Industri Kereta Api (Persero) is one of Badan Usaha Milik Negara (BUMN) that operates in rail transport industry in Indonesia. PT Industri Kereta Api (Persero) located in Madiun, East Java. In 2017 PT Industri Kereta Api (Persero) has been certified SMK3 in accordance with PP No. 50 of 2012. The application of K3 on PT Industri Kereta Api (Persero) has been well implemented such as safety uniform and safety shoes, 5R implementation in every production process, helmet use on industrial environment, evacuation line and ear muff use on environment that have high noise intensity. However there are still many work accident issues in its application. In 2017 the use of machines in Bending & Rolling Unit especially on Double Action Press Machine, PB RG-300 and Bending Roll caused 2 severe accidents which necessitated the victims to be taken to the hospital for treatment even surgery. From the identification result indicates that work accidents happen because of human error. Therefore, the probability level of human error occurrence needs to be calculated by the operator to reduce the level of work errors that might happen. There are various methods that can be used to determine the level of work failure caused by human error. The Fuzzy Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART) Method is chosen because from historical data it can be known that work accidents happen because of operator mistake in doing every work activity. HEART Method has a weakness in high subjectivity in determining Assessed Proportion of Effect (APOE) value. To overcome that weakness, fuzzy linguistic concept is used in determining the value of APOE. Before calculating Human Error Probability (HEP) using Fuzzy HEART method, firstly do breakdown on every machine operation activities using Hierarchical Task Analysis (HTA). The purpose of this research is to identify the risks of accidents caused by human error, to know the probability of the occurrence of accidents and to recommend improvement to reduce accidents. Research result shows that of the three machines that are Double Action Press Machine, PB RG-300 and Bending Roll produce the biggest Human Error Probability (HEP) value on the task when starting the pressing process of 0,41, bending process of 0,43 and rolling process of 0,37. From the issue root identification result using 5 why method generate 5 refinement recommendations namely the use of magnetic lifter as operator aid to shift materials in operating Double Action Press Machine, make safety line on each machines, making written Standard Operational Procedure (SOP), make safety sign on each machines, conduct safety talk series both before and after working.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/494/051806292 |
Uncontrolled Keywords: | K3, Kereta Api, human error, Fuzzy HEART, HEP K3, Train, human error, Fuzzy HEART, HEP |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.11 Occuptional and industrial hazards |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 03:55 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12724 |
Preview |
Text
14. LAMPIRAN 4 SOP MESIN ROLL.pdf Download (44kB) | Preview |
Preview |
Text
13. LAMPIRAN 3 SOP MESIN PB.pdf Download (45kB) | Preview |
Preview |
Text
15. LAMPIRAN 5 SAFETY TALK.pdf Download (48kB) | Preview |
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
Preview |
Text
Bagus Dwi Hidayanto.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
2. LLEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (530kB) | Preview |
Preview |
Text
3. ORISINALITAS.pdf Download (550kB) | Preview |
Preview |
Text
4. KELENGKAPAN.pdf Download (147kB) | Preview |
Preview |
Text
5. BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
Preview |
Text
6. BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
Preview |
Text
7. BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
Preview |
Text
8. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9. BAB V.pdf Download (41kB) | Preview |
Preview |
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) | Preview |
Preview |
Text
11. LAMPIRAN 1 STRUKTUR ORG.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
12. LAMPIRAN 2 SOP MESIN HP.pdf Download (46kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |