Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Kualitas Air Secara Kimia Dalam Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Sistem Akuaponik

Febianti, Dwi Putri (2018) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Kualitas Air Secara Kimia Dalam Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Sistem Akuaponik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Nila (O. niloticus) merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan merupakan komoditas memegang peranan yang penting dalam bisnis ikan air tawar dunia. Namun seiring dengan semakin pesatnya laju pembangunan dan penambahan populasi penduduk diperkotaan, masalah yang sering dihadapi yakni semakin minimnya sumber air bersih. Untuk mengatasi keterbatasan air pada budidaya ikan dapat digunakan sistem resirkulasi dimana sistem ini memanfaatkan air kolam secara berulang-ulang sehingga dapat menghemat pemakaian air. Selanjutnya dalam rangka peningkatan kapasitas produksi budidaya ikan, akuaponik menjadi solusi yang sangat efektif dalam pemanfaatan air dan ruang sebagai media pemeliharaan. Pemberian pupuk organik saja belum menjamin kecukupan unsur hara bagi tanaman tetapi dapat memberikan kondisi yang lebih baik bagi pertumbuhan akar sehingga penyerapan unsur hara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair terhadap kualitas air secara kimia dalam budidaya ikan nila (O. niloticus) pada sistem akuaponik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan pemberian dosis pupuk AB mix yang berbeda dalam sistem akuaponik, yaitu: perlakuan K (0 ml/l), perlakuan A (0,275 ml/l), perlakuan B (0,55 ml/l) dan perlakuan C (0,825 ml/l). Parameter utama yang diamati adalah konsentrasi NH3, NO2 -, NO3 - dan PO4 3-. Parameter penunjangnya adalah suhu, oksigen terlarut, dan pH, TDS, jumlah daun dan tinggi tanaman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dosis pupuk AB mix yang berbeda dalam sistem akuaponik memberikan pengaruh terhadap konsentrasi TAN dan nitrat. Untuk konsentrasi nitrit dan fosfat tidak berpengaruh. Dosis pupuk yang memberikan hasil terbaik terhadap konsentrasi TAN pada budidaya ikan nila (O. niloticus) dengan sistem akuaponik adalah 0,825 ml/l, dimana rerata konsentrasi TAN yaitu 0,86 mg/l, sedangkan dosis pupuk terbaik terhadap konsentrasi nitrat yaitu 0,275 ml/l dengan rerata 28,33 mg/l. Sehingga untuk memperoleh konsentrasi TAN, nitrit, nitrat dan fosfat terbaik pada budidaya ikan nila (O. niloticus) dapat disarankan menggunakan pupuk dengan dengan dosis 0,825 ml/l dalam sistem akuaponik. Selain itu, disarankan juga adanya penelitian lebih lanjut dengan jenis pupuk organik yang berbeda untuk mengetahui perbandingannya karena setiap jenis pupuk memiliki unsur hara yang berbeda.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/391/051805850
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.377 4 Culture of specific kinds of fishes (Cichlidae)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:52
Last Modified: 15 Aug 2023 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12708
[thumbnail of Dwi Putri Febianti.pdf] Text
Dwi Putri Febianti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item