Kadar Malondialdehida (MDA) dan Gambaran Histopatologi Organ Paru pada Hewan Model Tikus (Rattus norvegicus) Asma dengan Induksi Lipopolisakarida.

Pusparini, ChristinaDewi (2013) Kadar Malondialdehida (MDA) dan Gambaran Histopatologi Organ Paru pada Hewan Model Tikus (Rattus norvegicus) Asma dengan Induksi Lipopolisakarida. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asma merupakan penyakit akibat inflamasi kronis pada saluran pernafasan. Gejala asma menjadi lebih parah apabila terpapar oleh lipolisakarida (LPS), endotoksin yang terdapat pada membran luar bakteri gram negatif. Infeksi rongga mulut adalah sumber endotoksin LPS bakteri yang dapat mengaktivasi sel inflamatori. Sel yang teraktivasi tersebut menimbulkan hiperesponsivitas dan inflamasi saluran pernafasan yang diikuti oleh pembentukan radikal bebas, sehingga akan memperparah gejala asma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan LPS pada rongga mulut terhadap keparahan asma melalui pengukuran kadar malondialdehida (MDA) dan gambaran histopatologi organ paru. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok tikus, yaitu kelompok kontrol, kelompok asma, dan kelompok asma dengan injeksi LPS intrasulkuler. Sensitisasi alergi pada tikus dilakukan dengan cara pemberian ovalbumin (OVA) yang dilakukan dengan cara injeksi intraperitonial dan inhalasi, sedangkan paparan LPS dilakukan dengan cara injeksi LPS bakteri Phorpyromonas inggivalis pada sulkus ginggiva tikus. Kadar MDA dianalisis menggunakan metode Thiobarbaturic Acid (TBA) dan pembuatan preparat histopatologi organ paru dengan metode pewarnaan Hematoksilin-Eosin (HE). Hasil penelitian menunjukkan paparan LPS dalam rongga mulut mampu meningkatkan kadar MDA secara signifikan (p<0,05) dan pada gambaran histopatologi organ paru terlihat adanya perubahan yaitu kerusakan epitel bronkus. Paparan LPS pada rongga mulut secara umum mampu meningkatkan keparahan asma melalui peningkatan kadar MDA organ paru sebesar 36% dan kerusakan epitel pada bronkus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKH/2012/11/051304070
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.089 Veterinary medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Jul 2013 09:32
Last Modified: 19 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126854
[thumbnail of Skripsi_Christina_Dewi_P_0811313006.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Christina_Dewi_P_0811313006.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item