Gambaran Tingkat Keparahan Kasus Maloklusi di RS Saiful Anwar Malang Berdasarkan DAI (Dental Aesthetic Index).

Irawan, IndraBagus (2017) Gambaran Tingkat Keparahan Kasus Maloklusi di RS Saiful Anwar Malang Berdasarkan DAI (Dental Aesthetic Index). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prevalensi maloklusi di Indonesia masih sangat tinggi sekitar 80% dari jumlah penduduk dan merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang cukup besar. Hal ini ditambah dengan tingkat kesadaran perawatan gigi yang masih rendah. Penilaian maloklusi dapat dilakukan dengan menggunakan indeks maloklusi. Dengan indeks maloklusi dapat dinilai beberapa hal menyangkut maloklusi, misal prevalensi, tingkat keparahan, kebutuhan perawatan dan hasil perawatan. Salah satu indeks maloklusi adalah Dental Aesthetic Index (DAI) yang digunakan untuk menilai tingkat keparahan dan kebutuhan perawatan ortodonti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keparahan kasus maloklusi di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dilakukan di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Subyek penelitian berjumlah 81 model studi pasien, baik pasien laki-laki maupun perempuan. Penilaian maloklusi diperoleh dengan pemeriksaan pada sampel penelitian berdasarkan 10 komponen indeks DAI. Hasil penelitian yang diperoleh adalah maloklusi ringan terdapat 2 orang, maloklusi sedang terdapat 9 orang, maloklusi berat terdapat 22 orang, sedangkan maloklusi sangat berat terdapat 48 orang. Apabila dilihat berdasarkan jenis kelamin, maka hasil yang diperoleh yaitu pada pasien laki-laki sebanyak 5 orang mengalami maloklusi berat dan 12 orang mengalami maloklusi sangat berat. Pada pasien perempuan sebanyak 2 orang mengalami maloklusi ringan, 9 orang mengalami maloklusi sedang, 17 orang mengalami maloklusi berat, dan 36 orang mengalami maloklusi sangat berat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di RSSA kondisi maloklusi sangat berat lebih banyak ditemukan baik pada pasien laki-laki maupun pasien perempuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FKG/2017/46/051703569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 09 May 2017 10:44
Last Modified: 19 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126835
[thumbnail of 051703569_indra_bagus_(sekripsi).pdf]
Preview
Text
051703569_indra_bagus_(sekripsi).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item