Pengaruh Bevacizumab Kombinasi Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Kanker Kolorektal Metastase Di Rsud Dr.Saiful Anwar Malang

Safitri, AnatoriN (2017) Pengaruh Bevacizumab Kombinasi Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Kanker Kolorektal Metastase Di Rsud Dr.Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bevacizumab (BV) merupakan agen antiangiogenesis dari golongan antibodi monoklonal yang digunakan sebagai terapi malignansi sel, Regimen kombinasi BV dengan FOLFOX (5-fluoropyrimidine + leucovorin + oxaliplatin) dan FOLFIRI (5-fluoropyrimidine + leucovorin + irinotecan) lazim digunakan untuk kemoterapi kanker kolorektal metastase. BV memiliki mekanisme kerja menghambat Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF)- A. Mekanisme ini juga berpengaruh terhadap tekanan darah sehingga salah satu efek samping dari obat ini adalah hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian kombinasi BV terhadap perubahan tekanan darah sistolik dan diastolik pasien kanker kolorektal metastase di RSUD Dr. Saiful Anwar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain retrospektif-kohort dari data rekam medis 24 pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Dilakukan uji-t berpasangan antara tekanan darah sistolik dan diastolik basal dengan tekanan darah sistolik dan diastolik pasien setelah menerima kombinasi BV pada siklus 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Data tekanan darah sistolik dan diastolik dibedakan berdasarkan dosis 5 mg/kg BB dan 7,5 mg/kg BB. Normalitas data diuji dengan Uji Ryan-Joiner dan didapatkan hasil data tekanan darah sistolik dan diastolik terdistribusi normal. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa hanya pada tekanan darah sistolik siklus ke-5 dengan dosis 7,5 mg/kg BB ditemui adanya perubahan tekanan darah yang signifikan ( 11,250 ± 9,910, p = 0,015; p < 0,05). Perubahan yang dijumpai adalah peningkatan tekanan darah sebesar 11 mmHg. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian kombinasi BV terhadap perubahan tekanan darah sistolik pada siklus ke-5 dalam pemberian dosis 7,5 mg/kg BB di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Tidak ada perbedaan yang bermakna untuk tekanan darah sistolik siklus ke-1, 2, 3, 4, 6 dan tekanan darah diastolik siklus ke 1-6 dalam pemberian dosis 5 dan 7,5 mg/kg BB. Perubahan tekanan darah yang terjadi juga dapat dipengaruhi juga oleh beragam faktor seperti usia, gaya hidup, riwayat penyakit, dan obat-obatan. Pemeriksaan tekanan darah perlu dilakukan secara rutin untuk pasien kanker kolorektal metastase yang mendapatkan terapi BV jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/76/051703282
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Apr 2017 09:56
Last Modified: 19 Oct 2021 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126737
[thumbnail of 9_BAB_6_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
9_BAB_6_PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_7_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
10_BAB_7_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_ABSTRAK_INDONESIA+INGGRIS.pdf]
Preview
Text
3_ABSTRAK_INDONESIA+INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_BAB_1_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
4_BAB_1_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_BAB_3_KERANGKA_KONSEP_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
6_BAB_3_KERANGKA_KONSEP_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5_BAB_2_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_4_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
7_BAB_4_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_BAB_5_HASIL_PENELITIAN_DAN_ANALISIS_DATA.pdf]
Preview
Text
8_BAB_5_HASIL_PENELITIAN_DAN_ANALISIS_DATA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item