Ardella, FriskyLabagas (2017) Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Section caesarea (SC) merupakan sebuah bentuk melahirkan anak dengan melakukan pembedahan abdomen untuk mengeluarkannya, dan ini merupakan salah satu bentuk intervensi medis terencana yang biasanya berlangsung lama, sehingga sangat beresiko terhadap keselamatan jiwa seseorang. Tindakan SC ini memerlukan pengendalian pernafasan, sehingga dapat membuat pasien dan keluarga mengalami kecemasan. Salah satu faktor munculnya kecemasan adalah kurang pemahaman klien dan keluarga tentang tindakan SC karena di rumah sakit tim medis kurang memberikan penjelasan terkait tindakan, untuk itu sangat penting peran perawat sebagai edukator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran perawat sebagai edukator dengan tingkat kecemasan pada pasien pre SC. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 30 responden. Hasil yang didapatkan yaitu responden menyatakan peran perawat sebagai edukator baik 21 (70%), dan sebanyak 16 (53,3%) responden dengan tingkat kecemasan ringan. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel penelitian dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Analisis data menggunakan uji statistic spearmen rank. Hasil uji didapatkan bahwa p-value 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar -0.413. Nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan arah hubungan negatif, artinya semakin baik peran perawat sebagai edukator maka tingkat kecemasan pasien pre SC akan semakin ringan. Diharapkan bagi tempat penelitian dapat menambah perawat di ruang pre SC, sehingga mampu mempertahankan juga meningkatkan peran perawat sebagai edukator dan kecemasan pada pasien semakin dapat diminamilisir.
English Abstract
Sectio caesarea (SC) is a type of childbirth by doing abdominal surgery to deliver the baby, and it is a form of planned medical interventions which last long and run the risk for someone safety. This SC action requires breathing control, so it can make the patients and families having anxiety. One of anxiety factor is the lack of patient and family understanding about SC procedure because medical team in hospital gives less explanation related to the procedure, for those the role of nurse is very important as an educator. This study aims to determine the relation of nurse role as an educator and the anxiety level in patient of pre SC. The data collection used questionnaire that given to 30 respondents. The result show 21 respondents (70%) claimed the role of nurse as educator is good and 16 respondent (53,3%) with the mild anxiety levels. The selecting of the sample is using cross sectional approach. Selection of sample research using Nonprobability Sampling technique. The data analysis is using spearman rank statistical test. The test results show that p-value 0,000 <0.05 and correlation coefficient value of -0.413. it show the significant relationship with negative direction, it’s mean that the better nurse role as educator then the anxiety level of patient pre SC will be milder. It is suggested for the research place to add nurses in the pre SC room to maintain and also increase the role of nurses as educators and can minimize patients’ anxiety.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2017/175/051704860 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 21 Jun 2017 14:05 |
Last Modified: | 21 Jun 2017 14:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126668 |
Actions (login required)
View Item |