Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Perubahan Siklus Menstruasi Pada Siswi Kelas X Di SMAN Tempeh Lumajang

Juwita, Ratna (2017) Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Perubahan Siklus Menstruasi Pada Siswi Kelas X Di SMAN Tempeh Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stres akademik merupakan persepsi siswa tentang tekanan yang disebabkan oleh tuntutan pendidikan. Stres akan memicu produksi hormon kortisol yang berlebihan. Produksi kortisol yang berlebihan akan mempengaruhi pengeluaran hormon estrogen yang akan mempengaruhi siklus menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubuingan tingkat stres akademik dengan perubahan siklus menstruasi pada siswi kelas X di SMAN Tempeh Lumajang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan kohort atau time period approach, subjek diikuti selama ± 3 bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling atau probability sampling pada siswi kelas X di SMAN Tempeh Lumajang (n=119). Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah tingkat stres akademik dan perubahan siklus menstruasi. Hasil penelitian pada uji Contingency Coefficient didapatkan hubungan antara tingkat stres akademik dengan perubahan siklus menstruasi dengan p value = 0,000 (p < 0,005) dengan nilai r sebesar 0,453 dan arah korelasi positif. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk melihat siklus menstruasi sebaiknya dilakukan selama 6 bulan untuk mengetahui apakah terjadi ketidakteraturan siklus menstruasi atau tidak.

English Abstract

Academic stress is student’s perception about pressure which caused by education’s pursuit. Stress will make an excessive production of cortisol hormone. An excessive production of cortisol will influence secretion of estrogen hormone which influence menstrual cycle. The aim of this study was to identified relationship between academic stress level and menstrual cycle’s alteration in X grade female student in Tempeh Public Senior High School Lumajang. Design of this study used analytic observational with kohort approach or time period approach, subject followed by researcher during ± 3 months. The sample of this study were used random sampling or probability sampling technique in X grade female student in Tempeh Public Senior High School Lumajang (n = 119). This study was measured academic stress level and menstrual cycle’s alteration as variables. The result of this study were analyzed by Contingency Coefficient test and showed a relationship between academic stress level and menstrual cycle’s alteration with p value = 0,000 (p < 0,005), r value 0,453, and showed positive correlation. Based on this study, researcher suggest to look into menstrual cycle during 6 months to understand a regularity of menstrual cycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/162/051704787
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Jun 2017 13:54
Last Modified: 19 Jun 2017 13:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126658
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item