Waretna, AnunggalLulus (2017) Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Persepsi Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di IGD Rumkit Tk. II dr. Soepraoen Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan Keperawatan gawat darurat adalah pelayanan yang diberikan perawat kepada pasien berupa asuhan keperawatan untuk mengatasi kondisi kedaruratan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan persepsi tingkat kepuasan keluarga pasien di IGD Rumkit Tk. II dr. Soepraoen Malang. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan tanggal 22 - 27 Maret 2017 dengan responden sebanyak 88 orang. Analisis hubungan antar variabel dengan menggunakan uji statistika yaitu Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 16.00. Hasil penelitian pada variabel pelayanan keperawatan didapatkan bahwa 61,4% pelayanan baik, pada variabel persepsi kepuasan keluarga pasien didapatkan hasil 73,9% merasa sangat puas. Hasil penelitian ini menunjukan nilai korelasi sebesar 0.704 dengan arah hubungan positif yang berarti hubungan pelayanan keperawatan terhadap persepsi tingkat kepuasan keluarga pasien termasuk dalam kategori kuat, ρ value sebesar 0,000 yang artinya Ho ditolak dan terdapat hubungan antara pelayanan keperawatan dengan persepsi tingkat kepuasan keluarga pasien di IGD Rumkit Tk. II dr. Soepraoen Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perawat harus memberikan pelayanan asuhan keperawatan dengan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan kepuasan keluarga pasien. Hasil pelayanan keperawatan yang maksimal akan memberikan kepuasan tinggi kepada pasien dan keluarga karena dapat memberikan pelayanan sesuai dengan harapan pasien dan keluarga, serta akan memberikan dampak yang positif bagi Rumah Sakit sebagai tempat rekomendasi untuk menggunakan jasa pelayanan kesehatan kembali.
English Abstract
Emergency Nursing Service is the service that a nurse gives to patient in the form of nursing care in order to overcome emergency condition. This research aims to find out the relation between nursing service and patient family’s satisfaction level perception in IGD Rumkit Tk. II dr. Soepraoen Malang. Design of this research is a descriptive correlative with cross sectional approach. Data collection used in this research is purposive sampling technique. This research was done on 22-27 March 2017 with 88 respondents. Relation between variables are analyzed using Spearman’s Rho statistic test with the aid of SPSS 16.00. Result of the research obtained on nursing service variable shows that 61,4% of the service is good, on the patient family’s satisfaction level perception variable 73,9% is very satisfied. The result of this research shows a correlation value of 0.704 with positive relation tendency, which means the relation between nursing service and patient family’s satisfaction level perception can be categorized as strong, p value of 0,000 means that Ho is rejected and there are relation between nursing service and patient family’s satisfaction level perception in IGD Rumkit Tk. II dr. Soepraoen Malang. The result of this research shows that nurse must provide the best nursing care in order to earn a high satisfaction level from patient families. The result of maximum nursing care will earn a high satisfaction level from patient and their family because the service can meet their expectation, which will gives positive impact for the Hospital as a recommended place for future health services.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2017/148/051704584 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 09:53 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 09:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126642 |
Actions (login required)
View Item |