Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Harga Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang

Anggraini, FiddiyahGaluh (2017) Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Harga Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Orang tua yang memiliki anak disabilitas fisik sering dihadapkan pada isu di masyarakat dan merasa terstigma oleh keterbatasan anak. Permasalahan tersebut akan mempengaruhi konsep diri orang tua terutama pada harga diri. Dukungan sosial dari teman sebaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga diri orang tua. Dukungan tersebut memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber dukungan selain keluarga dan mempengaruhi satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat harga diri orang tua yang memiliki anak disabilitas fisik di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik total sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang tua yang memiliki anak disabilitas fisik. Hasil penelitian menunjukkan 63,3% responden memperoleh dukungan yang cukup dari teman sebaya dan 66,7% responden memiliki tingkat harga diri sedang. Hasil analisa data menggunakan uji Spearman diperoleh nilai p = 0,001 (p-value < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,588. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang sedang antara variabel dukungan teman sebaya dengan tingkat harga diri orang tua yang memiliki anak disabilitas fisik. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai upaya promotif oleh perawat untuk meningkatkan pengetahuan orang tua yang memiliki anak disabilitas fisik tentang pentingnya dukungan dari teman sebaya yang berfungsi untuk meningkatkan harga diri orang tua.

English Abstract

Parents who have children with physical disabilities are often faced with issues in society and are feel stigmatized by limitations of their children. This problems will affect to self-concept parents especially on their self-esteem. Social support from peers is one of the factors that influences self-esteem of parents. This support has a very important role as a source of support beside family’s support and it affect each other. The aim of this research was to know the correlation between peer support and level of self-esteem of parents who have children with physical disabilities at Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. This research using cross sectional approach with total sampling technique for choosing the sample of respondents. There were 30 parents who have children with physical disabilities as the respondents of this research. The result showed that 63,3% of the respondents received sufficient support from their peer-group and 66,7% of the respondents had moderate level of self-esteem. The results of data analysis using Spearmans test values p = 0,001 (p-value < 0,05) with values obtained correlation coefficient of 0,588. It means that there is a moderate association between the variables of peer support and level of self-esteem of parents who have children with physical disabilities. The result of these research can be used as a promotive effort by nurses to increase knowledge of parents who have children with physical disabilities about the importance of support from peers that serves to improve the parents self-esteem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/146/051704541
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Jun 2017 13:11
Last Modified: 14 Jun 2017 13:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126640
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item