Rancang Bangun Sistem Komunikasi untuk Sistem Pembayaran pada Printer Menggunakan Teknologi Near Field Communication

Horaciyo S, Andreas (2018) Rancang Bangun Sistem Komunikasi untuk Sistem Pembayaran pada Printer Menggunakan Teknologi Near Field Communication. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

NFC (Near Field Communication) adalah sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi berbasis RFID (Radio Frequency Identification) dengan frekuensi kerja 13,56 MHz. Jarak komunikasi yang dekat serta kombinasi kode unik yang berbeda-beda setiap tag NFC membuat teknologi ini sangat sesuai untuk media yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Sebagai contohnya adalah dapat diaplikasikan sebagai media pembayaran. Penelitian ini membahas mengenai salah satu aplikasi yang mengadopsi teknologi NFC yang merujuk pada sebuah perancangan alat. Tag NFC yang digunakan adalah tag stiker NTAG213 dengan seri ISO14443-A yang sesuai dengan seri tag yang dapat dibaca oleh reader RC522. NodeMCU yang memiliki kemampuan untuk mengirim data menggunakan wifi digunakan sebagai mikrokontroler pada perancangan ini. Perancangan ini dilengkapi dengan database yang akan mentumpan tabel yang berisikan nama pengguna, kode unik tag, dan jumlah pulsa yang dimiliki. Komunikasi antara mikrokontroler dan database server menggunakan protokol http untuk mengirim dan menerima data. DIrancang pula web yang akan mempermudah dalam proses pengisian pulsa maupun pendaftaran id. Hasil pengujian menunjukkan akurasi 100 persen pada saat pengisian maupun pada saat pengurangan pulsa. Pulsa dapat bertambah sesuai keinginan pada saat pengisian pulsa dan dapat berkurang dengan tepat pada saat pengurangn pulsa. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi NFC dapat diaplikasikan untuk sistem pembayaran pada rental printer.

English Abstract

NFC (Near Field Communication) is a new breakthrough technology based on RFID (Radio Frequency Identification) operating at 13.56 MHz. Near communication distance and different combination of NFC tag unique codes make this technology very suitable for high security devices. This research developed one of the NFC technology application by designing of tool that can be used for printer payment system. NFC tag used ISO14443-A series supported by RC522 reader. NodeMCU is used in this system because of it’s feature that make NodeMCU can connect to the internet using WiFi. The system using a database that have collumns that contain user name, unique code, and the credit content. The communication between mikrokontroler and the server database is using the http method to send and receive data. A website is designed to make the process is easier. The result showed that the system have 100% accuracy when adding charge or substracting charge from the credit. The result of the experiment showed that NFC technology can be applied to the printer payment system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/428/051805259
Uncontrolled Keywords: NFC, RFID, database, application software, payment system
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.384 Radio and radar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2018 06:39
Last Modified: 21 Oct 2021 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12664
[thumbnail of Andreas Horaciyo S.pdf]
Preview
Text
Andreas Horaciyo S.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item