Firdaus, Reza Kemal (2018) Rancang Bangun Sistem Miniatur Kereta Maglev Dengan Mengendalikan Gap Pada Landasan Guideway. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
trasportasi darat memiliki beberapa jenis sarana trasportasi. Dan pada umumnya di Indonesia masih menggunakan bahan bakar sebagai sumber daya pada trasportasi umum darat, karena penggunaan bahan bakar sudah banyak dan populasi warga meningkat, Indonesia memerlukan altematif sumber daya lain untuk sarana trasportasi umum darat. Salah satunya adalah kereta magnetic levitation. Kereta magnetic levitation sendiri adalah kereta yang memanfaatkan gaya elektromagnetik sebagai penggerak. Dalam sistem kereta magnetic levitation ada yang dinamakan gerak levitasi dimana gerak tersebut adalah tahap untuk menstabilkan posisi kereta diatas permukaan jalur. Dalam proses ini dibutuhkan pengaturan arus listrik secara adaptif yang di pengaruhi oleh berat kereta yang berubah setiap waktunya. Dengan mengukur gap antara kereta dengan guideway dapat ditentukan setpoint kontrol dan ketinggian yang diinginkan. Penelitian ini membahas tentang perancangan prototipe untuk mensimulasikan proses levitasi pada kereta maglev dengan solenoida sebagai aktuator. Dengan prinsip yang hampir sama mengikuti proses levitasi pada kereta magnet yang sudah ada pada umumnya, maka dilakukan beberapa percobaan untuk mengetahui sifat dan karakteristik proses levitasi pada kereta magnetic levitation. Pertama dengan menguji karakteristik aktuator yang dipakai, karena aktuator adalah pengaruh utama yang mempengaruhi proses gerak levitasi pada penelitian ini, Kedua adalah kontrol yang diimplementasikan pada mikrokontroller, pada penelitian ini menggunakan controller PID sebagai aksi kontrol untu mengontrol arus yang dialirkan ke aktuator. Dan yang terakhir adalah penentuan sensor feedback untuk pembacaan ang digunakan karena pada penelitian ini membutuhkan sensor yang tepat untuk melakukan proses kontrol levitasi, dan sensor tersebut berfungsi sebagai penghitung error pada keluaran yang sudah ditentukan oleh kontroler. Hasil yang didapatkan dari penelitan ini adalah nilai tegangan dan arus pada saat sinyal PWM maksimal adalah 06,6 V dan 5,15 A, dan pada saat Sinyal PWM Minimum adalah 25,3 V dan 0,85 A. lalu jarak tertinggi yang dapat di capai oleh kereta adalah 8,21 cm diatas lintasan dengan parameter PID kontrol yang didapatkan Kp = 1,9358, Ki = 1,8023, Kd = -0,17854 dan sistem miniatur kereta ini meiliki respon yang relative cepat dan memiliki overshoot.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/427/051805258 |
Uncontrolled Keywords: | Magnetic Levitation, Kereta, Elektromagnetik, Gap, Arus Listrik |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.34 Magnetic engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 01:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12662 |
Preview |
Text
7._bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._bab_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._bab_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._bab_7.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12._daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13._Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
1._cover-keaslian.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
Pengaruh_ApoB_pada_Hewan_Model_Gout_Artritis_Akut.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
3._abstrak_c_shelby.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |