Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Ca Mammae Dalam Menjalani Kemoterapi Di Rumah Sakit Lavalette Malang

Sholihah, Ely Fitriyatus (2017) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Ca Mammae Dalam Menjalani Kemoterapi Di Rumah Sakit Lavalette Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dukungan keluarga merupakan sikap, tindakan dan penerimaan keluarga terhadap anggotanya, dengan dukungan keluarga yang baik, maka kecemasan pada pasien Ca mammae dapat semakin rendah karena peran keluarga sangat penting dalam menahan efek-efek negatif dari stress dan kecemasan, selain itu kemampuan koping yang dimiliki pasien Ca mammae dalam menghadapi kecemasan dapat diminimalisir. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga terhadap tingkat kecemasan pada pasien Ca mammae yang menjalani kemoterapi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada keluarga yang tinggal dalam satu rumah dan pasien Ca mammae yang menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Lavalette Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 55 responden. Variabel independen (bebas) dalam penelitian ini adalah dukungan keluarga pada pasien Ca mammae. Variabel dependen (tergantung) dalam penelitian ini adalah tingkat kecemasan pada pasien Ca mammae yang menjalani kemoterapi. Pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner. Analisa data menggunakan Spearman Rank Correlation untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan dependen, yaitu dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien Ca mammae yang menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Lavalette Malang. Berdasarkan analisis Spearman, didapatkan hasil signifikan antara kedua variable, yaitu p=0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga dapat mempengaruhi tingkat kecemasan pada pasien Ca mammae yang menjalani kemoterapi. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dan menggunakan responden dalam jumlah yang lebih besar.

English Abstract

Family support is an action and an acceptance the members of the family by giving support each other. So ,it will make the anxiety of the Ca Mammae patient being lower because family is the important aspect to stress and anxiety. The purpose of this study is to determine the relationship between the family support and the Ca Mammae patients anxiety level while undergoing the chemotherapy. In this study, the writer uses the cross sectional research desain. This study is taken from a family at a home with the Ca Mammae patient who undergoing the chemotherapy in the Lavalette hospital Malang. The sample of this study is about 55 respondents. The independent variable in this study is the family support to the Ca Mammae patient. The dependent variable in this study is the level of Ca Mammae patients anxiety while undergoing the chemotherapy. The data collection is taken from the quisioner. Based on the Spearmans study, identified the significant results both th evariable, that is p=0.000. Based on that study, it can be concluded that the family support can in fluence the Ca Mammae patients anxiety level while undergoing the chemotherapy. The writer hopes for the next writer to develop more this study with using more respondents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/120/051704036
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 May 2017 09:52
Last Modified: 27 Dec 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126614
[thumbnail of 1._COVER-KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1._COVER-KATA_PENGANTAR-DAFTAR_ISI.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_3.pdf]
Preview
Text
6._BAB_3.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3._ABSTRAK_.pdf]
Preview
Text
3._ABSTRAK_.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf]
Preview
Text
7._BAB_4.pdf

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_2.pdf]
Preview
Text
5._BAB_2.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf]
Preview
Text
4._BAB_1.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5_fix.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5_fix.pdf

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_7_fix.pdf]
Preview
Text
10._BAB_7_fix.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_6_fix.pdf]
Preview
Text
9._BAB_6_fix.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item