Analisis Kapasitas Struktur Jembatan Rangka Tipe K-Truss Dengan Mutu Baja Tidak Seragam Dalam Menahan Beban Gempa Dua Arah dan Tiga Arah

Ibady, Azka Fardany (2018) Analisis Kapasitas Struktur Jembatan Rangka Tipe K-Truss Dengan Mutu Baja Tidak Seragam Dalam Menahan Beban Gempa Dua Arah dan Tiga Arah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jembatan adalah jalan yang terletak di atas permukaan air dan atau di atas permukaan tanah yang berfungsi menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah yang lain untuk melewati suatu rintangan seperti lembah, sungai, dan sebagainya. Indonesia sendiri membutuhkan jembatan rangka baja yang komprehensif dan kuat, salah satunya adalah tipe K-truss yang paling kokoh dibandingkan dengan tipe rangka lain dan masih jarang diterapkan. Jembatan rangka K.H. Fattah yang terletak di Malang merupakan jembatan tipe K-truss di Indonesia. Dalam modelisasi struktur jembatan, digunakan jembatan tipe K-Truss K.H. Fattah Malang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam menganalisis jembatan tanpa harus mendesain terlebih dahulu. Dalam melakukan analisis terhadap suatu jembatan harus direncanakan untuk mampu menahan beban gempa, mengingat Indonesia termasuk negara yang rawan mengalami gempa bumi. Beban gempa sendiri merupakan faktor penting dalam merencanakan struktur dengan pembebanan tak terduga dan sukar diprediksi. Pada umumnya beban gempa hanya dianalisis melalui dua arah saja. Pada penelitian ini, jembatan dianalisis dengan beban gempa dua arah dan tiga arah kemudian peneliti membandingkan pengaruh diantara keduanya. Selain itu pada penelitian ini digunakan mutu yang seragam dan tidak seragam pada material baja. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil pengaruh perbedaan mutu terhadap kapasitas struktur jembatan. Hasil yang didapatkan dari analisis tersebut berupa tegangan dan regangan tiap batang pada struktur jembatan. Tahap pertama dimulai dengan melakukan pemodelan menggunakan software ABAQUS Student Edition menggunakan spesifikasi dimensi dan material yang telah disesuaikan dengan jembatan rangka tipe K-Truss K.H. Fattah Malang. Sebelum dilakukan analisis dengan beban gempa, jembatan dianalisis untuk mendapatkan nilai eigen terlebih dahulu. Kemudian jembatan kembali dianalisis dengan memasukkan data beban gempa dan nilai eigen yang didapat. Jembatan dianalisis menggunakan beban gempa dua arah terlebih dahulu dengan mutu seragam dan tidak seragam. Setelah hasil keluar, jembatan kembali dianalisis dengan beban gempa tiga arah yang menggunakan mutu seragam dan tidak seragam. Kemudian keduanya dibandingkan sehingga didapatkan presentase pengaruh beban gempa dua arah dan tiga arah terhadap kapasitas struktur jembatan dengan mutu seragam dan tidak seragam. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa analisis struktur jembatan akibat beban gempa dua arah dan tiga arah dengan menggunakan mutu baja seragam dan tidak seragam tersebut tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kapasitas struktur jembatan, karena dari analisis didapatkan hasil penurunan kapasitas struktur jembatan sebesar 0,000557% dari kapasitas struktur jembatan pada kondisi awal. Hal tersebut menunjukkan bahwa perencanaan jembatan rangka menggunakan pembebanan dua arah sudah cukup memenuhi syarat.

English Abstract

Bridge is a road that lies above the surface of the water or above the surface of the ground which serves to connect an area with another region to pass through the barriers such as valleys, rivers, and so on. Indonesia itself needs bridges with a truss that is comprehensive and strong, one of the strongest truss bridge and rarely applied compared to another is K-truss type. K.H. Fattah bridge that located in Malang is one of the bridge with K-truss type in Indonesia. In the modelization structure of the bridge, K-Truss type is applied in K.H Fattah Malang. This aims to facilitate the researchers in analyzing the bridge without having to design it first. The analysis of truss bridge should be planned to be able to hold the earthquake loads, considering Indonesia is one of the country that classifier to the earthquake. Earthquake load itself is an important factor in planning the structure of the bridge with unexpected and unpredictable loads. In general, the load of the earthquake is only analyzed through the two directions only. In this study, the bridge is analyzed with loads of two-way and three-way earthquake then the researcher compared the influence between the two earthquake loads. Also, in this study, the researcher used the equal quality and the unequal quality of the steel materials. The result of the influence shows some quality difference to the capacity of the bridge structure. The results of this analysis is tension and stretchiness of each bridge stem from the structure of the bridge. First step begins with modeling the bridge structure using the ABAQUS Student Edition software with the dimensional and material specifications that have been adapted to the KTruss type truss of K.H Fattah bridge Malang. Before the load of the earthquake is analyzed, the bridge is analyzed to obtain the eigen value first. Then the bridge is analyzed by entering the data of earthquake load and the eigen value obtained. After that, The bridge is analyzed using a two-way earthquake load first with the equal and unequal quality of steel. After the results come out, the bridge is analyzed again with a three-way earthquake load using an equal and unequal quality of steel materials. Then both of the results are compared so that the researcher get the percentage of the effect of two-way and three-way earthquake load on the capacity of the bridge structure with the equal and unequal quality of steel materials. The results of this study is found that the bridge structure analysis due to two-way and three-way earthquake load using equal and unequal quality of steel materials did not have a significant effect on the capacity of bridge structure, because from the analysis obtained the result of reduction of bridge structure capacity by 0.000557% of the initial conditions. This indicates that trusswork planning using two-way loads is sufficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/426/051805257
Uncontrolled Keywords: struktur jembatan, jembatan rangka tipe K-Truss, mutu seragam, mutu tidak seragam, kapasitas struktur Bridge structure, K-Truss type bridge truss, equal quality, unequal quality, structure capacity
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.2 Bridges
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:45
Last Modified: 21 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12652
[thumbnail of SKRIPSI AZKA FARDANY IBADY - 145060107111023.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI AZKA FARDANY IBADY - 145060107111023.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item