Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas Unggulan Di Sman 1 Kepanjen Dan Sman 5 Malang

Kusmiani, SorayaDwi (2016) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas Unggulan Di Sman 1 Kepanjen Dan Sman 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stres akademik merupakan suatu respon yang timbul akibat adanya tekanan akademik dan untuk menanganinya dibutuhkan kecerdasan emosional yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik pada siswa kelas unggulan di SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 5 Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analitik Observasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sample dipilih dengan purposive sampling, didapatkan 51 responden sebanyak 31 siswa dari SMAN 1 Kepanjen dan 20 siswa dari SMAN 5 Malang. Instrument yang digunakan berupa lembar kuisioner kecerdasan emosional dan Student-life Stress Inventory. Hasil penelitian didapatkan siswa kelas unggulan yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi 3 siswa (5,9%), kecerdasan emosional sedang 44 siswa (86,3%) dan kecerdasan emosional rendah 4 siswa (7,8%). Data siswa kelas unggulan yang mengalami stres akademik tinggi sebanyak 5 siswa (9,8%), stres akademik sedang sebanyak 43 siswa (84,3%) dan stres akademik rendah 3 siswa (5,9%). Analisa data menggunakan uji Spearman dengan nilai sig < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 berarti h0 ditolak. Kesimpulan ada hubungan kecerdasan emosional dengan stres akademik pada siswa kelas unggulan di SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 5 Malang. Diharapkan perawat dapat meningkatkan peran perawat dalam memberikan edukasi kepada lingkungan sekolah yang meliputi guru, siswa dan juga orangtua dari siswa tentang pentingnya mengetahui kecerdasan emosional yang dimiliki siswa untuk mengatasi stres akademik dengan baik.

English Abstract

Academic stress is a response that arises as a result of academic pressures and good emotional intelligence required to handle it. The purpose of this study was to determine the relationship of emotional intelligence and academic stress on excellent’s class students in SMAN 1 Kepanjen and SMAN 5 Malang. The research design used in this study is Analytical observation with cross sectional approach. Sample selected with purposive sampling, obtained 51 respondences as many as 31 students of SMAN 1 Kepanjen and 20 students of SMAN 5 Malang. Instrument used in the form of emotional intelligence questionnaire sheet and Student-Life Stress Inventory. The result showed excellent’s class students who have high emotional intelligence 3 students (5.9%), emotional intelligence were 44 students (86.3%) and low emotional intelligence 4 students (7.8%). Excellent’s class students who have high academic stress as much as 5 students (9.8%), academic stress were as many as 43 students (84.3%) and low academic stress 3 students (5.9%). Data were analyzed using Spearmans test with sig <0.05. The results showed sig 0.000 <0.05 means h0 rejected. Conclusion there are relationship between emotional intelligence with academic stress on excellent’s class students in SMAN 1 Kepanjen and SMAN 5 Malang. Expected nurses can improve the role of nurses in providing education to the school environment that includes teachers, students and parents of the students about the importance of knowing the emotional intelligence of the students to cope academic stress well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/678/051612661
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Dec 2016 09:47
Last Modified: 15 Dec 2016 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126397
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item