Laila, PipitKurniatul (2016) Perbandingan Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK TPI Nurul Huda Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masa usia prasekolah yang berada pada rentan usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi. Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget, oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap perkembangan kognitif. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekan Pretest-Postest Design with Comparison Group. Sample yang dipilih purpossive sampling dengan jumlah sample 22 orang. Pada studi ini, ditemukan hasil nilai dari uji Wilcoxon signed-rank untuk permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget (0.002 < 0.05 & 0.004 < 0.05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian permainan ular tangga dan game edukasi dalam gadget terhadap kognitif. Sedangkan pada uji Mann-whitney menunjukan p-value 0.034, karena p-value < 0,05 hasil hipotesa diterima. Dapat terlihat dari penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan atau hipotesa dapat diterima yakni kegiatan permainan ular tangga lebih baik dalam mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK TPI Nurul Huda Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game edukatif pada gadget.
English Abstract
Preschool period in 5-6 years old is an important period of time and children start to become sensitlve in receiving several attempts in order to develop all kind of potential. Social game often use is snake and ladder game also educational games on the gadget, and therefore this study would like to compare both games toward fine cognitive development. The purpose of this study is to identify differences in the cognitive development of children in 5-6 years old were given a game of snakes and ladders and educational games on the gadget. Design used in this paper is quasy experimental with Pretest-Postest Design with Comparison Group approach. Sample chosen by purposive sampling with 22 student. This study found out the value of Wilcoxon signed-rank test for snakes and ladders and educational games on the gadget (0,002<0,05 & 0,04<0,05), means a significant difference before and after giving the game of snakes and ladders and educational games in the gadget on the fine cognitive. While the Mann-Whitney test showed a p-value of 0.034, because the p-value <0.05 accepted hypothesize. It can be seen from the research showed there is a significant difference or acceptable hypothesis that activity play snakes and ladders better in influencing the fine cognitive skills of children aged 5-6 years in TK TPI Nurul Huda Kota Malang. Based on this results, it is recommended to optimize the cognitive development of children sincen early age, it can be done by playing methods such as snakes and ladders and educational games on the gadget.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/676/051612659 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 10:26 |
Last Modified: | 15 Dec 2016 10:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126395 |
Actions (login required)
View Item |