Secunda, GraciaPutra (2016) Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Akseptor Pada Penggunaan Kb Suntik 3 Bulan Dmpa (Depo Medroxy Progesterone Acetate) (Studi Dilakukan Di Puskesmas Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
KB suntik DMPA yang disuntikan setiap 3 bulan merupakan kontrasepsi suntik yang paling digemari oleh kebanyakan akseptor. Pengetahuan akseptor pada penggunaan KB suntik 3 bulan DMPA mempengaruhi kepatuhan akseptor. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengetahuan dari seseorang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan akseptor KB suntik 3 bulan DMPA, serta pengaruh sumber informasi terhadap tingkat pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cross sectional. Pengambilan sampel akseptor menggunakan purposive sampling dan stratified random sampling untuk menentukan sampel puskesmas. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 akseptor yang diambil dari 5 puskesmas yang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi menjadi sampel dalam penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Mei 2016. Digunakan metode analisis korelasi Somer’s d untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan akseptor KB suntik DMPA dan Mann-Whitney untuk sumber informasi dan tingkat pengetahuan. Hasil penelitian menunjukan dari 80 akseptor memiliki tingkat pengetahuan kurang sebanyak 37,5%, cukup sebanyak 38,75%, dan tinggi sebanyak 23,75%. Dari hasil korelasi, didapatkan nilai p sebesar 0,015 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,283 untuk tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan, dan nilai p sebesar 0,027 untuk sumber informasi dan tingkat pengetahuan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif, linear, lemah antara tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan dan terdapat pengaruh sumber informasi terhadap tingkat pengetahuan akseptor KB pada penggunaan KB suntik 3 bulan DMPA.
English Abstract
DMPA injection conducted every 3 months is the common contraception used by acceptors. Level of acceptors knowledge affected compliance acceptors to the usage of this 3 months DMPA injection. Level of education is one of the factors affecting the knowledge of a person. The purpose of this study is to determine the correlation between levels of 3 months DMPA injection acceptors education and knowledge, as well as influence of information source to knowledge. Method used in this study was cross sectional method, and purposive sampling according to inclusion and exclusion criterias. The sample of primary health centers was conducted using stratified random sampling. The samples used in this study are 80 acceptors which were randomly taken from five health centers. The analysis method used is Somer’s d correlation analysis method to determine the relationship between levels of education with knowledge of acceptors DMPA injection, and Mann-Whitney analysis to determine the influence of information source with knowledge. This study shows that from 80 acceptors, in percentage, 37,5% are categorized as low level of knowledge, 38,75% are categorized as moderate level, 23,75% are categorized as high level. The results from correlation were as follows p value of 0.015 and coefficient correlation as 0.283 and p-value is 0,027 for the influence of information source to knowledge. The conclusion of this research is there’s a weak, linear, positive correlation between levels of education and knowledge. In addition, information source also taking part of influencing knowledge to subjects whose accepting 3 months of DMPA injection.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/612/ 051610656 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 14:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 14:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126325 |
Actions (login required)
View Item |