Peran Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Perilaku Profesionalisme Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Fadli, Risky (2016) Peran Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Perilaku Profesionalisme Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku profesional mahasiswa pada penelitian ini berdasarkan persepsi mahasiswa. Nilai profesionalisme mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap domainnya, yaitu profesionalisme terhadap diri sendiri, profesionalisme terhadap orang lain dan profesionalisme terhadap tugas. Salah satu parameter untuk mengukur profesionalisme adalah dengan menggunakan kuisioner self assessment. Dalam kurikulum FKUB, ada pembelajaran yang disebut dengan PBL (Problem Based Learning) dimana didalam pembelajaran tersebut mahasiswa dapat mengembangkan skill, membentuk attitude dan mentransfer pengetahuan sehingga akan meningkatkan perilaku profesionalismenya. Penelitian mengenai peran pembelajaran PBL terhadap perilaku profesionalisme belum pernah dilakukan sebelumnya, maka perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan desain pre-test dan post-test, menggunakan data kuantitatif untuk menganalisa tingkat profesionalisme mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti penelitian ini 220 angkatan 2013, 218 angkatan 2014 dan 213 angkatan 2015. Data hasil penelitian didapatkan peningkatan yang signifikan pada nilai Pre-Tes dan Pos-Tes per angkatan pada setiap domainnya yang dipengaruhi oleh tingkah laku profesional dalam 7 langkah PBL. Dari hasil membandingan setiap angkatan didapatkan bahwa perbedaan signifikan terjadi pada angkatan 2015 dibandingkan dengan angkatan 2014 dan 2013 yang berarti bahwa faktor paparan tidak sejalan dengan perilaku profesionalisme.

English Abstract

Professional behaviour of students in this study is based on students’ perception. There is an increase in students’ professional value in each domain, namely professionalism to self, professionalism to other, and professionalism to duty. One of the parameters used to measure professionalism is by self-assessment questionnaire. In FMBU curriculum, there is a learning method called PBL (Problem Based Learning) whereas in this method students can develop skills, moulding attitude, and transferring knowledge, thus enhancing their professional behaviour. Currently there is no study regarding the implementation of PBL method related to the impact to professional behaviour. This study is an experimental study with pre-test and post-test design, using quantitative data to analyze students’ professionalism. Students participating in this study are 220 people from batch 2013, 218 from batch 2014, and 213 from batch 2015. The result of this study is there is a significant increase in post-test score compared to pre-test score on every domain in each batch due to professional behaviour implementation of 7 steps in PBL method. The most significant difference is obtained from batch 2015, which showed that exposure factor are not related professional behaviour.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/577/ 051610621
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Oct 2016 14:47
Last Modified: 21 Oct 2016 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126285
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item