Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Tk Kecamatan Turen Kabupaten Malang

Santoso, RavintaLIaCahyaningPutri (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Tk Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toilet training adalah suatu tantangan yang dialami oleh orang tua dan anak serta merupakan tahapan yang kompleks. Anak dikatakan berhasil jika anak dapat berjalan ke toilet, duduk di atas toilet dengan benar, buang air kecil, menarik celana ke bawah dan dapat memakainya kembali, membilas kotoran, dan mencuci tangan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan toilet training seperti halnya pendidikan orang tua, sarana prasarana yang disediakan orang tua di rumah, pola asuh orang tua dan tingkat dari pengetahuan ibu tentang toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 172 orang dengan responden pasangan ibu dan anak dari siswa TK yang berusia 3-6 tahun di TK Taman Indria, TK Roudlatul Fallah dan TK Ya Ummi. Sampel diambil secara purposive sampling. Analisa data dilakukan menggunakan uji statistic Chi Square untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan orang tua dengan tingkat keberhasilan toilet training dengan nilai (p=0,004). Faktor dari Sarana prasarana yang diberikan orang tua juga memiliki hasil yang signifikan dengan nilai (p=0,000). Sama hal nya dengan pola asuh orang tua dan tingkat pengetahuan ibu yang masing-masing memiliki hasil signifikan dengan nilai (p=0,008) dan (p=0,004).

English Abstract

Toilet training is a challenge faced by parents and children along with itself is complex and is accomplished in steps. Acquisition of the independence necessary to use the toilet if walking ti the toilet or potty, sitting on it, urinating or evacuating, pulling pants down and back up, flushing, and washing hands. Factors which can affect the toilet training success such as parents education, tools provided by parents in home, parenting, and mother knowledge level about toilet training. This study is objected to find factors affecting the level of toilet training success on preschool children (3-6 years old) in Turen Malang. This research design used cross sectional. Respondent in this study was 172 people, which are the couples of mother and child in 3-6 years old as kindergarten students in TK Taman Indria, TK Roudlatul Fallah dan TK Ya Ummi. Samples taken by purposive sampling. The data analysis utilized statistic test of Chi Square to examine the factors affecting toilet training success on preschool children. The study result shows that there is defined that parents education is able to give impact towards toilet training success with value (p=0,004). Factor of tools given by parents has a significant effect with value (p=0,000). Parenting and mother knowledge also have significant effects with value (p=0,008) and (p=0,004), respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/492/ 051607000
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Aug 2016 10:04
Last Modified: 18 Aug 2016 10:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126191
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item