Novitasari, Erlin (2016) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecerdasan Emosi (Eq) Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecerdasan emosi berperan terhadap perkembangan emosi anak. Kecerdasan emosi memiliki lima aspek, yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi dapat dilatih pada anak-anak sejak usia dini. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kecerdasan emosional merupakan pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua ada empat jenis yaitu pola asuh demokratis, otoriter, permisif, dan penelantar. Pola Asuh orang tua yang baik dan tepat akan dapat menghasilkan karakteristik anak yang memiliki kepribadian yang baik, percaya diri, memiliki empati dan berprestasi dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat kecerdasan emosi pada anak prasekolah usia 4-6 tahun. Desain penelitian ini menggunakan cross seccional dengan teknik purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 119 orang dengan responden orang tua kandung dari siswa TK yang berusia 4-6 tahun di TK Surya Buana dan Sunan Kalijaga. Analisa data dilakukan menggunakan uji statistik korelasi Pearson Chi Square untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosi anak prasekolah usia 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan jumlah responden yang menerapkan pola asuh demokratis 101 orang (84,9%), pola asuh otoriter 10 orang (8,4%), dan pola asuh permisif 8 orang (6,7 %). Jumlah anak yang memiliki tingkat kecerdasan emosi tinggi 84 anak dan 35 anak dengan tingkat kecerdasan emosi sedang. Hail uji statistik Pearson chi square menunjukkan p value 0,013 (0,013<0,05) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan emosi anak prasekolah usia 4-6 tahun. Berdasarkan tabel frekuensi distribusi diketahui bahwa pola asuh demokratis berhubungan positif dengan tingkat kecerdasan emosi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan tingkat kecerdasan emosi anak prasekolah usia 4-6 tahun.
English Abstract
Emotional intelligence contributes to the emotional development of children. Emotional intelligence has five aspects, there are self-awareness, self-regulation, internal motivation, empathy, and social skill. Emotional intelligence can be trained in children from an early age. One of the factors that influence the emotional intelligence is a parenting style. There are four types of parenting style, Authoritative, authoritarian, permissive, and uninvolved. The right parenting style will be able to build the characteristics of children who have a good personality, confidence, empathy and have a good social skill in environment. This study aims to determine the relationship between parenting parents and the level of emotional intelligence in preschool children aged 4-6 years. This study design using the cross secional with pusposive sampling technic. There are 119 respondents with the respondents biological parents of kindergarten students aged 4-6 years in kindergarten Surya Buana and Sunan Kalijaga. The data were analyzed using Pearson correlation statistical test Chi Square to know the relationship of parenting style and the level of emotional intelligence of preschool children aged 4-6 years. The results that there are athoritative parenting style 101 people (84.9%) , the authoritarian parenting 10 people (28,4%), and permissive parenting 8 people (6,7%). There are 84 childrens who have high levels of emotional intelligence and 35 children with moderate levels of emotional intellegence. Result pearson chi square statictical test showed p value 0,013 (0,013<0,05) its mean that there is relationship between parenting style and the level of emotional intellegent in preschool aged (4-6 years old). Based on the frequency distribution table known that authoritative parenting is positively associated with high levels of emotional intelligence. The conclusion from this study is there a relationship between parenting style and the level of emotional intelligence of preschool children aged (4-6 years old)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2016/469/ 051606320 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 10:01 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126165 |
Actions (login required)
View Item |