Analisis Kandungan Pb Pada Biofilm Dan Sedimen Untuk Menggunakan Biofilm Sebagai Agen Biomonitoring Di Sungai Cokro, Kabupaten Malang

Susanti, Yogita Ayu Dwi (2018) Analisis Kandungan Pb Pada Biofilm Dan Sedimen Untuk Menggunakan Biofilm Sebagai Agen Biomonitoring Di Sungai Cokro, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kertas adalah salah satu industri yang menghasilkan limbah yang bisa mencemari lingkungan perairan. Limbah industri ini mengandung logam Pb yang berasal dari tinta dan apabila dibuang langsung ke sungai dapat menurunkan kualitas air dan menimbulkan pencemaran. Sungai Cokro merupakan salah satu sungai yang berada di Kabupaten Malang dan menjadi tempat pembuangan limbah dari pabrik kertas yang ada disekitar daerah aliran sungai ini. Hal ini dapat berpotensi menimbulkan pencemaran, sehingga perlu adanya pemantauan kandungan Pb di Sungai Cokro. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan biofilm sebagia agen biomonitoring kuaitas perairan. Biofilm merupakan sekumpulan dari beberapa sel mikroba yang berbentuk matrik dan tersusun dari bahan utama yaitu polisakarida. Penggunaan biofilm sebagai agen biomitoring, karena biofilm memiliki kemampuan untuk menyerap ion yang ada disekitarnya dan mampu menyimpan dalam waktu yang relatif lama. Sehingga memungkinkan biofilm menjadi salah satu agen agen biofilm yang ada di ekosistem sungai. Selain itu, dalam menganalisis ekosistem sungai perlu adanya penggunaan parameter biologi untuk mengetahui kondisi indikator perairan tersebut, karena pemantauan yang digunakan berupa paremeter fisika dan kimia yang ada diperairan mengalir seperti sungai dapat berubah sesuai kondisi lingkungan yang disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kandungan Pb yang ada pada biofilm dan sedimen serta menganalisis penggunaan biofilm sebagai agen biomonitoring pencemaran Pb di Sungai Cokro, Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan menggunakan analisis uji t untuk membandingkan konsentrasi Pb di sedimen dan biofilm dari Sungai Cokro, Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil konsentrasi rata-rata logam Pb pada biofilm di stasiun 1 sebesar 2,5 ppm, stasiun 2 sebesar 0,6 ppm dan stasiun 3 sebesar 1,6 ppm. Sedangkan kandungan rata-rata Pb pada sedimen di stasiun1,2 dan 3 secara berurutan adalah 0,3 ppm, 0,5 ppm dan 0,7 ppm. Hasil ini menunjukan bahwa kandungan logam berat lebih banyak terakumulasi di biofilm dari pada di sedimen yang ada di dasar perairan. Hal ini menunjukan bahwa biofilm bisa menjadi agen biomonitoring untuk memantau pencemaran Pb di ekosistem sungai. Saran yang dapat disampaikan dalam hasil penelitian ini ialah perlu adanya penelitian lanjutan terkait kandungan Pb di lebih banyak area dari DAS Sungai Cokro, Kabupaten Malang seperti di daerah sebelum stasiun 1 untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas terkait kandungan Pb di Sungai Cokro. Selain itu, perlu adanya penentuan baku mutu kandungan Pb di sedimen dan biofilm sebagai acuan untuk menentukan baku mutu lingkungan perairan mengalir seperti ekosistem sungai.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/351/051805628
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:49
Last Modified: 11 Oct 2018 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12605
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item