Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja Usia 13-14 Tahun di SMP Negeri 4 Malang

Rachmawati, IlyaNur (2016) Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja Usia 13-14 Tahun di SMP Negeri 4 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah-masalah ditimbulkan oleh para remaja berkaitan dengan kejadian Crime Index atau kejahatan yang meresahkan masyarakat . Dari catatan kasus terdapat 18.677 kasus pada tahun 2010 menjadi 19.011 kasus pada tahun 2011(Winanti, 2011). Terdapat faktor-faktor resiko yang mempengaruhi perilaku remaja. Faktor-faktor resiko yang disebutkan ternyata bukan terletak pada kecerdasan otak, tetapi pada karakter, yaitu kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, rasa empati, dan kemampuan berkomunikasi. Salah satu faktor adalah kemampuan berkomunikasi dimana komunikasi yang sering dilakukan oleh remaja adalah komunikasi dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari pola komunikasi orang tua dengan kecerdasan emosional remaja. Studi ini menggunakan metode pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan data stratified random sampling, sampel dipilih secara acak sebanyak 174 responden. Dari hasil penelitian 70,7% siswa dengan orang tua yang menerapkan pola komunikasi fungsional. 54% siswa diidentifikasi memiliki kecerdasan emosional sedang. Variabel diukur menggunakan kuesioner pola komunikasi dan kecerdasan emosional. Analisis data dilakukan dengan menggunkan SPSS dan uji hipotesis menggunakan Rank-Spearman. Hasil uji Spearman yaitu terdapat hubungan yang signifikan dimana p-value=0,000 (a<0.05). Besar korelasi (r) antara variabel 1 dan 2 adalah 0,351 yang berarti memiliki hubungan dan menunjukkan kekuatan korelasi rendah atau lemah. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pola komunikasi dan variabel kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar diadakan aktifitas bersama antara orang tua dan anak, seperti dalam kegiatan penyuluhan, seminar, konsultasi bersama petugas kesehatan sekolah dan guru bimbingan konseling dalam membahas pola komunikasi dan dampaknya dalam kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/351/051605143
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jun 2016 10:09
Last Modified: 21 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126036
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item