Pengaruh Gel Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill) Terhadap Jumlah Fibroblas Pada Penyembuhan Ulkus Mukosa Oral Tikus Putih (Rattusnorvegicus)

Rachmawati, Fadhila (2016) Pengaruh Gel Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill) Terhadap Jumlah Fibroblas Pada Penyembuhan Ulkus Mukosa Oral Tikus Putih (Rattusnorvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ulcerasi merupakan lesi umum yang sering dijumpai, terutamaulkus traumatik. Triamcinolone acetonide 0,1% dental paste yang biasanya digunakan untuk obat ulkus dapat menyebabkan terjadinya oral candidiasis,sehingga diperlukan alternatif terapi. Gel ekstrak biji alpukat (Persea americana Mill) sebagai alternatif pengobatan ulkus traumatik karena biji alpukat mengandung flavonoid dan saponin dimana kandungan saponin pada biji alpukat dapat meningkatkan reseptorTGF-β yang menstimulasi ekspresi fibroblas pada proses penyembuhan luka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental menggunakan rancangan penelitian Post Test Only Randomized Control Group Design untuk mengetahui pengaruh gel ekstrak biji alpukat (Persea americana Mill) terhadap jumlah fibroblas pada proses penyembuhan ulkus mukosa oral tikus putih (Rattus norvegicus). Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling kemudian dibagi dalam tiga kelompok, yaitu: kelompok kontrol negatif (K-), kelompok kontrol positif (K+), dan kelompok perlakuan (P). Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah jumlah fibroblas pada jaringan ulkus mukosa oral tikus diukur dari sediaan HPA dengan pengecatan HE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah fibrolas pada kelompok kontrol negatif (K-), kelompok kontrol positif (K+)dan kelompok perlakuan (P). Analisis data menggunakan one way ANOVA menunjukkan bahwa perubahan jumlah fibroblas pada setiap perlakuan berbeda secara bermakna (p<0,05). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu gel ekstrak biji alpukat (Persea americana Mill) berpengaruh peningkatan jumlah fibroblas pada proses penyembuhan ulkus mukosa oral tikus putih (Rattus norvegicus)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/198/051603977
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Jun 2016 08:33
Last Modified: 20 Oct 2021 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125862
[thumbnail of BAB_VII.pdf]
Preview
Text
BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstrak_bind_+_bing.pdf]
Preview
Text
abstrak_bind_+_bing.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item