Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Alpukat (Persea Americana Mill) Terhadap Jumlah Sel Makrofag Pada Soket Pasca Ekstraksi Gigi Incisivus Maksila Tikus Wistar (Rattus Norvegicus)

Aladin, NurulMaulina (2016) Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Alpukat (Persea Americana Mill) Terhadap Jumlah Sel Makrofag Pada Soket Pasca Ekstraksi Gigi Incisivus Maksila Tikus Wistar (Rattus Norvegicus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pencabutan gigi merupakan tindakan yang sering dilakukan pada praktik dokter gigi sehari-hari. Pada saat pencabutan gigi, soket gigi akan mengalami luka. Penyembuhan luka pada soket umumnya membutuhkan waktu beberapa hari. Obat yang sering digunakan untuk menghilangkan inflamasi adalah ibuprofen. Namun, saat ini masyarakat lebih menyukai obat-obatan alternatif yang berasal dari tanaman herbal karena lebih mudah dicari serta harganya relatif murah. Salah satu obat herbal itu adalah daun alpukat, karena beberapa kandungan pada daun alpukat dapat mempercepat penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun alpukat terhadap jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus yang telah dilakukan pencabutan. Metode penelitian ini adalah Randomized Post Test Only Control Group Design. Objek penelitian ini adalah tikus Rattus novergicus jantan yang dibagi dalam 4 kelompok, yaitu: (1) kelompok kontrol (P0), tikus yang dicabut giginya tanpa diberi perlakuan, (2) kelompok perlakuan I (P1), tikus yang dicabut giginya dan diberi ekstrak dengan dosis 50 mg/KgBB, (3) kelompok perlakuan II (P2), tikus yang dicabut giginya dan diberi ekstrak dengan dosis 100 mg/KgBB, (4) kelompok perlakuan III (P3), tikus yang dicabut giginya dan diberi ekstrak dengan dosis 200 mg/KgBB. Setelah dilakukan pencabutan gigi, tikus pada kelompok perlakuan diberi ekstrak selama 3 hari dan 7 hari sebanyak 1 kali sehari sebanyak 1 ml ekstrak per oral dengan sonde gastic. Pada hari ke-4 dan hari ke-8, tikus dikorbankan dan diambil soket gigi kanan rahang atasnya kemudian diproses untuk pemeriksaan histopatologi dibawah mikroskop cahaya dengan perbesaran 400x. Pemeriksaan sediaan soket gigi dilakukan pada 5 lapang pandang. Hasil uji Anova pada penelitian ini menunjukan bahwa kelompok tikus yang diberi perlakuan (P1, P2, P3) menunjukan penurunan jumlah sel makrofag yang bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol (P0) (p<0.05), serta terdapat korelasi dan regresi yang kuat (R= -0,874) yang artinya semakin tinggi dosis ekstrak etanol daun alpukat akan semakin menurunkan jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus yang dilakukan pencabutan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol daun alpukat memiliki pengaruh menurunkan jumlah sel makrofag pada soket pasca ekstraksi gigi tikus wistar (Rattus novergicus).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/173/051603952
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Jun 2016 10:08
Last Modified: 20 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125837
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VII.pdf]
Preview
Text
BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_TUGAS_AKHIR.pdf]
Preview
Text
COVER_TUGAS_AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_NURUL_MAULINA_ALADIN_125070401111006.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_NURUL_MAULINA_ALADIN_125070401111006.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item