Pengaruh variasi cutting speed terhadap kekasaran permukaan SUS 304 pada proses laser cutting menggunakan gas N2

Arifin, Zhaenal (2018) Pengaruh variasi cutting speed terhadap kekasaran permukaan SUS 304 pada proses laser cutting menggunakan gas N2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, laser cutting banyak sekali digunakan untuk berbagai aplikasi. Antara lain pada bidang industri, kedokteran, militer, optik dan berbagai aplikasi interaksi laser dengan material. Misalnya proses interaksi laser pada material food grade yaitu bahan logam yang digunakan untuk alat perlengkapan makanan/minuman, mesin pengolah makanan/minuman dan lain-lain. Bahan logam tersebut tidak akan mengkontaminasi atau mencemari makanan/minuman dengan zat-zat kimia logamnya, seperti perubahan warna dan rasa / bau. Laser merupakan salah satu alternatif dalam menjawab tantangan teknologi pada zaman ini yang menawarkan keuntungan yang signifikan pada metode pemotongan konvensional. Beberapa di antaranya yaitu presisi, pemrosesan kecepatan tinggi, dan biaya rendah. Pemotongan laser dilibatkan dengan pengolahan bahan suhu tinggi termasuk pemanasan fasa padat, pencairan, dan penguapan. Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output dari laser daya tinggi paling sering melalui optik. Laser optik dan CNC (computer numerical control) yang digunakan untuk mengarahkan materi atau sinar laser yang dihasilkan. Ketika laser berinteraksi dengan material,ada pelelehan (melting) dan penguapan (vaporization). Sangat diharapkan material yang di interaksikan dengan laser akan menghasilkan ablasi yang bersih dengan tingkat kerusakan minimal akibat panas, debris (bekas) atau recast. Dalam hal ini, maka diadakan sebuah penelitian untuk melihat interaksi laser nitrogen (N2) dengan material SUS 304. Melalui penelitian ini, diharapkan akan diketahui bagaimana interaksi Cutting Speed terhadap kekasaran permukaan pada stainless steel 304.Proses pemotongan menggunakan variasi Cutting Speed 20,40,60,80 dan 100 mm/min. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai cutting speed maka kekasarannya semakin tinggi pula.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/724/051807864
Uncontrolled Keywords: Laser Cutting, Cutting Speed, Kekasaran Permukaan, Stainless steel 304
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 671 Metalworking Processes and primary metal products > 671.5 Joining and cutting of metals > 671.52 Welding
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:11
Last Modified: 28 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12572
[thumbnail of Zhaenal Arifin.pdf]
Preview
Text
Zhaenal Arifin.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item