Efek Ekstrak Etanol Batang Tumbuhan Siwak(Salvadora persica) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro.

Cahyanto, Oky (2015) Efek Ekstrak Etanol Batang Tumbuhan Siwak(Salvadora persica) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri, mengikis plak, mencegah karies serta memelihara kesehatan gusi. Pemanfaatan bahan yang diperoleh dari daun, akar, dan kayu sebagai obat sudah diketahui sejak lama oleh masyarakat dunia dan Indonesia. Infeksi Staphylococcus aureus dapat menginvasi dan menyerang setiap bagian tubuh kita. Bakteri ini dapat ditemukan pada hidung, mulut, kulit, mata, jari, usus,dan hati. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan post-test control design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antimikroba ekstrak batang siwak (salvadora persica) terhadap bakteri S. aureus. Uji kepekaan antimikroba yang dipakai adalah uji kepekaan antimikroba dengan metode dilusi tabung. Metode dilusi tabung dengan menggunakan ekstrak batang siwak ini meliputi 2 tahap, yaitu tahap pengujian bahan di media cair dengan tujuan untuk mencari Kadar Hambat Minimal (KHM), untuk menentukan Kadar Bunuh Minimal (KBM) dilakukan penggoresan pada medium NAP. Hasil penelitian dengan menggunakan uji anova diperoleh signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna efek antibakteri ekstrak batang siwak terhadap jumlah koloni bakteri s.aureus yang dihasilkan pada medium NAP. Dari Hasil analisis menggunakan uji korelasi menunjukkan nilai sig (0,000)<α(0,05). Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat keeratan hubungan antara penambahan ekstrak batang tanaman siwak (salvadora persica) dengan pertumbuhan Staphylococcus aureus. Keeratan hubungan tersebut sebesar 92,2% dan dapat dinyatakan korelasi bersifat negatif dan kuat. Hasil analisis menggunakan uji regresi menunjukkan nilai sig (0,000)<α(0,05). Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara penambahan ekstrak batang siwak (salvadora persica) dengan pertumbuhan Staphylococcus aureus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak batang siwak memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus, semakin tinggi konsentrasi ekstrak semakin sedikit koloni yang tumbuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/886/051602404
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 31 Mar 2016 13:47
Last Modified: 20 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125705
[thumbnail of 6._BAB_3.pdf]
Preview
Text
6._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_2.pdf]
Preview
Text
5._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_6.pdf]
Preview
Text
9._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_7.pdf]
Preview
Text
10._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf]
Preview
Text
7._BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
11._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
3._Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf]
Preview
Text
4._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item