Akbar, PradivoL (2015) Peran Pembelajaran Elektif Klinis dalam Membentuk Empati Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Nilai empati mahasiswa cenderung mengalami penurunan seiring meningkatnya jumlah semester yang ditempuh. Salah satu parameter untuk mengukur nilai empati adalah dengan menggunakan kuisioner JSPE (Jefferson Scale for Physician Empathy). Dalam kurikulum FKUB semester 4 dan 5, ada pembelajaran yang disebut dengan Elektif atau disebut juga SSC (Student Selected Component), dimana didalam pembelajaran tersebut mahasiswa dapat memilih bidang yang diminatinya untuk dipelajari sehingga akan meningkatkan pengembangan dirinya dan meningkatkan profesionalismenya. Penelitian mengenai peran pembelajaran Elektif Klinis dalam membentuk empati belum pernah dilakukan sebelumnya, maka perlu untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (post ex facto) dengan desain pre-test dan post-test, menggunakan data kuantitatif untuk menganalisa tingkat empati mahasiswa yang diukur dengan JSPE. Kelompok uji adalah mahasiswa yang mengikuti elektif klinis, sedangkan kelompok kontrol adalah mahasiswa yang mengikuti elektif non klinis. Didapatkan 151 mahasiswa Elektif Klinis dan 9 mahasiswa Elektif Non Klinis pada Semester 4, dan 106 mahasiswa Elektif Klinis dan 48 Elektif Non Klinis pada Semester 5. Data hasil penelitian disajikan dalam mean±SD. Kemudian data yang didapat dianalisis menggunakan SPSS versi 20 dengan metode statistik uji non parametrik Wilcoxon untuk masing – masing kelompok elektif klinis dan non klinis, dan uji non parametrik Mann – Whitney untuk membandingkan antara kelompok elektif klinis dan non klinis. Dari hasil penelitian didapatkan rerata nilai Pre Test 90,576 ± 8,886 untuk Elektif Klinis dan 88,000 ± 12,390 untuk Elektif Non Klinis pada Semester 4. Didapatkan rerata nilai Post Test 90,034 ± 11,819 untuk Elektif Klinis dan 90,889 ± 2,369 untuk Elektif Non Klinis pada Semester 4. Didapatkan rerata nilai Pre Test 87,623 ± 11,444 untuk Elektif Klinis dan 88, 479 ± 13,225 untuk Elektif Non Klinis pada Semester 5. Didapatkan rerata nilai Post Test 89,123 ± 11,332 untuk Elektif Klinis dan 89, 021 ± 11,073 untuk Elektif Non Klinis pada Semester 5. Melalui hasil analisis, secara umum dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil JSPE Elektif Klinis dengan hasil JSPE Elektif Non Klinis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2015/881/051602399 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 09:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125700 |
Preview |
Text
4._BAB_1_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._BAB_3_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._BAB_2_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._Cover+Daftar_Isi_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._BAB_7_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._Lembar_Pengesahan_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._Abstrak_Indonesia+Inggris_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._BAB_4_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_6_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._BAB_5_Pradivo_Luigi_A_125070101111005.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |