Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) Sebagai Antifungi Terhadap Candida albicans Secara In Vitro

Laily, NurAisyah (2015) Efektivitas Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) Sebagai Antifungi Terhadap Candida albicans Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kandidiasis adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh Candida albicans. Candida albicans sering menimbulkan vaginitis pada wanita dengan gejala utama fluor albus yang disertai rasa gatal. Saat ini banyak tersedia obat antifungi untuk pemakaian oral maupun topikal. Penggunaan obat antifungi ini menyebabkan beberapa efek samping berupa gatal, mual, muntah, anoreksia, reaksi alergi, gangguan endokrin. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan pengobatan alternatif yang efektif, misalnya dengan menggunakan tanaman obat tradisional. Salah satunya adalah daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) yang memiliki kandungan senyawa aktif seperti alkaloid, saponin, flavonoid, dan tanin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa ekstrak daun pandan wangi memiliki efek antifungi terhadap Candida albicans secara in vitro. Metode yang digunakan adalah dilusi tabung dengan konsentrasi ekstrak daun pandan wangi yang digunakan adalah 32,5%; 30%; 27,5%; 25%; 22,5%; 20%; dan 17,5%. Kepadatan dari jamur yang digunakan 1x104 CFU/ml. Penelitian menggunakan satu isolat dan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali. Kadar Bunuh Minimal yang diperoleh adalah 32,5%. Analisa data penelitian menggunakan SPSS for Windows ver 12.0. Hasil statistik One Way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifkan pada perubahan konsentrasi ekstrak terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans (p=0,000). Uji korelasi menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrak menyebabkan penurunan jumlah koloni jamur (nilai korelasi (r) = -0,870). Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun pandan wangi memiliki efek antifungi terhadap Candida albicans secara In vitro. Namun, penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi ekstrak daun Pandan wangi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/857/051602376
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 24 Mar 2016 14:48
Last Modified: 20 Oct 2021 05:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125673
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item