Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Igd Rsud Ngudi Waluyo Wlingi

Fitriyanto, Teguh (2015) Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Igd Rsud Ngudi Waluyo Wlingi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perawat mempunyai andil besar dalam memberikan pelayanan yang bermutu. Perawat yang mampu berkomunikasi dengan tepat dapat membuat pasien memahami tentang semua yang dilakukan oleh perawat sehingga meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan 33 pasien. Variabel komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien diukur menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada pasien setelah mendapat perawatan oleh perawat IGD. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman Rho dengan p= 0,000 ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan atau korelasi yang positif atau searah dan bermakna antara komunikasi terapeutik dan kepuasan pasien dengan nilai 0,52 yang artinya kekuatan hubungan antara vaiabel adalah kuat. Dengan demikian, diharapkan perawat tetap melaksanakan komunikasi terapeutik pada pasien agar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat.

English Abstract

Nurses have a big hand in providing quality services. Nurses are able to communicate properly can make the patient understand about all performed by nurses thereby increasing patient satisfaction with the services provided. The purpose of this study was to determine the relationship implementation of therapeutic communication nurse to patient satisfaction. Design of this study using cross sectional method and sampling using purposive sampling so that got 33 patients. Therapeutic communication variables and patient satisfaction was measured using a questionnaire. Questionnaires were distributed to patients after treatment by emergency room nurses. Data were analyzed using the Spearman rank correlation test with p = 0,000 ≤ 0.05 Rho. The results showed there was a positive correlation or direction and meaning between therapeutic communication and patient satisfaction with the value of 0.52 which means the variables had strong relationship. Thus, nurses are expected to continue to perform therapeutic communication on patient so that the patient is satisfied with the services provided by nurses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/805/ 051600860
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Feb 2016 09:30
Last Modified: 10 Feb 2016 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125618
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item