Perbedaan Perkembangan Kognitif Dan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti Paud Dengan Yang Tidak Mengikuti Paud Di Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang

Anggraeni, Santi (2015) Perbedaan Perkembangan Kognitif Dan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti Paud Dengan Yang Tidak Mengikuti Paud Di Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa prasekolah (2-6 tahun) perkembangan kognitif dan personal sosial anak berkembang dengan pesat. Perkembangan kognitif dan personal sosial sangat dipengaruhi oleh stimulasi. Salah satu stimulasi yang bisa didapat adalah dengan mengikutsertakan anak dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan perkembangan kognitif dan perkembangan per¬sonal sosial anak usia prasekolah antara yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD di Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan observasi analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 88 anak usia prasekolah (2-6 tahun) dan 88 orangtua. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, sebanyak 41 anak mengikuti PAUD dan 47 anak tidak mengikuti PAUD. Data diambil dengan observasi langsung dan menggunakan instrument penelitian yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan perkembangan kognitif antara anak yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD dengan nilai signifikasi p < 0,05, sedangkan pada perkembangan personal sosialo anak tidak ada perbedaan antara anak yang mengikuti PAUD dengan yang tidak mengikuti PAUD dengan nilai signifikasi p > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar para ibu bisa meningkatkan stimulasi kepada anaknya yang tidak diikutkan PAUD maupun yang diikutkan dalam PAUD agar perkembangan anak bisa optimal.

English Abstract

Cognitive skill and personal social skill of preschool-aged children (2-6 yo) are developing quickly and highly influenced by stimulations. One of the stimulations is the early childhood education. The objective of this study is to analyze the difference of cognitive development and personal social development of preschool-aged children that attend early childhood education and the ones that do not attend early childhood education in sidorejo village. The type of this research is analytical survey that uses cross-sectional approach. The sampling technique of this research is purposive sampling that includes 88 preschool-aged children (2-6 yo) and 88 parents. The samples are divided into 2 groups which are 41 children that attend early childhood education and 47 children that do not attend early childhood education. This research uses direct observation and reliably valid research instruments. This research uses chi square to analyze the data. The result of this research shows the difference of cognitive development of preschool-aged children that attend early childhood education and the ones that do not attend childhood with p value < 0.05. However, there is no difference of social personal development of preschool-aged children that attend early childhood education and the ones that do not attend childhood education with p value > 0.05. This research suggests that mothers may improve the stimulations for their children in order to improve the cognitive skill and personal social skill at the maximum extent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/761/051600816
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Feb 2016 10:47
Last Modified: 20 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125567
[thumbnail of 9._BAB_6.pdf] Text
9._BAB_6.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf] Text
7._BAB_4.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf] Text
8._BAB_5.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 12._lampiran.pdf]
Preview
Text
12._lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_7.pdf]
Preview
Text
10._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
11._Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._abstrak_indonesia+inggris.pdf]
Preview
Text
3._abstrak_indonesia+inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.cover+daftar_isi.pdf]
Preview
Text
1.cover+daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf] Text
4._BAB_1.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 5._BAB_2.pdf] Text
5._BAB_2.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 6._BAB_3.pdf] Text
6._BAB_3.pdf

Download (66kB)

Actions (login required)

View Item View Item