Pengaruh Paparan Televisi Terhadap Kondisi Mental Emosi Pada Anak Prasekolah Di Kelurahan Jodipan Kota Malang

Amelia, Rizki (2015) Pengaruh Paparan Televisi Terhadap Kondisi Mental Emosi Pada Anak Prasekolah Di Kelurahan Jodipan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paparan televisi memiliki dampak positif dan negatif pada anak. Durasi menonton televisi yang terlalu lama dan mengandung tayangan kekerasan akan berdampak negatif pada anak terutama kondisi mental emosi. Kondisi mental emosi merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Kuisioner Masalah Mental Emosional (KMME) merupakan alat untuk mendeteksi dini masalah mental emosional pada anak usia 3-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan televisi terhadap kondisi mental emosi pada anak prasekolah. Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan uji statistik menggunakan chi-square. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2015 di Kelurahan Jodipan Kota Malang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 168 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang terpapar televisi adalah sebanyak 87 anak (51,8%) sedangkan yang tidak terpapar televisi adalah sebanyak 81 anak (48,2%) dan anak yang kemungkinan memiliki masalah mental emosi adalah sebanyak 62 anak (36,9%) sedangkan yang tidak mengalami masalah mental emosi adalah sebanyak 106 anak (63,1%). Pada penelitian ini didapatkan tingkat signifikansi 0,000 (<0,05). Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh paparan televisi terhadap kondisi mental emosi pada anak prasekolah.

English Abstract

Television exposure has positive and negative impact on children. Long duration of watching television and violance exposure in television will have negative impact on children especially mental emotion. Mental emotion is the most important for character building in children. Mental emotional problem questionnaire is screening mental emotional problem tool for children at age 3-6 years. The purpose of this study is to recognize the impact of television exposure on mental emotion in preschool children. Study design was analytic observational with Cross Sectional approach and statistical test was using Chi-Square. This study conducted August-September 2015 in Jodipan Village Malang City. The study subjects were 168. Purposive sampling technique was used in this study. The results showed that children who exposed to the television were 87 (51,8%) whereas unexposed to the television were 81 (48,2%). And 62 children (36,9%) were likely to had mental emotion problem whereas 106 children (63,1%) did not have mental emotion problem.This study showed that the significance level was 0.000 (<0.05). The conclusion in this study is television exposure was influencing mental emotion in preschool children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/760/ 051600815
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Feb 2016 09:30
Last Modified: 12 Feb 2016 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125566
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item