Studi Kesesuaian Aseptic Dispensing Menurut Pedoman Dasar Dispensing Sediaan Steril Depkes RI Tahun 2009 di ICU dan NICU RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

Ulfa, FraditaNurita (2015) Studi Kesesuaian Aseptic Dispensing Menurut Pedoman Dasar Dispensing Sediaan Steril Depkes RI Tahun 2009 di ICU dan NICU RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aseptic dispensing adalah salah satu metode untuk meminimalisir sediaan farmasi dari bahaya pirogen dan kontaminan. Metode ini meliputi tahap penyiapan, pencampuran, penyimpanan, dan pembuangan. Dalam setiap tahap tersebut erat kaitannya dengan ketersediaan SDM, peralatan, dan ruang. Sehingga diperlukan teknik ini untuk melakukan pencampuran sediaan parenteral. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persentase kesesuaian aseptic dispensing di ICU dan NICU RSUD DR. Saiful Anwar Malang dengan Pedoman Dasar Dispensing Sediaan Steril Depkes RI Tahun 2009 dan faktor yang mendukung kesesuaian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara observasional deskriptif dengan lembar checklist dan angket dianalisis secara kuantitatif serta analisis ketersediaan peralatan dan ruang secara kualitatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa dari 110 pencampuran, kesesuaian tahap penyiapan sebesar 87,77%, tahap pencampuran sebesar 49,09%, tahap penyimpanan sebesar 80%, dan tahap pembuangan sebesar 98,18%. Data pendukung faktor yang mempengaruhi aseptic dispensing adalah SDM dari hasil angket tingkat pengetahuan tentang aseptic dispensing sebanyak 60% responden sangat baik, 33% responden baik, 7% responden cukup. Ketersediaan peralatan dan ruang belum sepenuhnya lengkap (tidak terdapat LAF dan passbox). Kesimpulan dari penelitian ini adalah aseptic dispensing dalam pencampuran sediaan steril parenteral di ICU dan NICU RSUD Dr. Saiful Anwar Malang belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman pada tahap pencampuran (<50%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/753/051600808
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Feb 2016 09:48
Last Modified: 20 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125558
[thumbnail of FRADITA_N.U_ALL_TEXT.pdf]
Preview
Text
FRADITA_N.U_ALL_TEXT.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item