Pengaruh Holdmelt Time Terhadap Kekasaran Dan Yield Casting Pada Recycling Velg

Susanto, Dwi (2018) Pengaruh Holdmelt Time Terhadap Kekasaran Dan Yield Casting Pada Recycling Velg. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan baku, bahan penolong, serta barang import dari total industri di Indonesia masih digunakan sebanyak 64% untuk mencapai proses produksi (Kementerian Perindustrian, 2014). Salah satu contoh bahan baku yang sering digunakan adalah aluminium, yaitu sebanyak 29 juta ton per tahun. Dari total kebutuhan tersebut sebanyak 22 juta ton diperoleh dari aluminium baru dan 7 juta ton merupakan aluminium daur ulang (recycle) (Ager et al, 2014). Penggunaan aluminium di industri otomotif akan membuat bahan baku aluminium menipis, dengan pemanfaatan pada pembuatan rangka dan bagian-bagian mesin termasuk velg kendaraan. Salah satu cara penanggulangan ketersediaan bahan baku yang menipis ataupun melimpahnya material bekas pakai, maka dapat dilakukan dengan cara daur ulang (recycle).Pada penelitian ini paduan Al-Si daur ulang yang berasal dari velg bekas divariasikan dengan holdmelt time 0, 20, 30, 40, 50, dan 60 menit. Untuk mencari hubungan holdmelt time terhadap kekasaran dan yield casting pada recycling velg tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan yield casting yang cenderung naik pada setiap tingkatan holdmelt time, sedangkan nilai kekasaran tiap tingkatan holdmelt time cenderung turun. Hal itu dikarenakan semakin lama holdmelt time paduan Al yang dilebur sudah mencair secara keseluruhan. Sehingga ketika penuangan logam cair kedalam cetakan tidak ada endapan yang dapat menyumbat cetakan sehingga logam cair dapat mengisi seluruh rongga cetakan.

English Abstract

Raw materials, auxiliaries, and imported goods from the total industry in Indonesia are still used as much as 64% to reach the production process (Ministry of Industry, 2014). One example of raw materials that are often used is aluminum, which is as much as 29 million tons per year. Of the total requirement, 22 million tonnes are obtained from new aluminum and 7 million tonnes are recycled aluminum (Ager et al, 2014). The use of aluminum in the automotive industry will make aluminum raw materials thinned, with utilization in the manufacture of frames and engine parts including velg vehicles. One way to overcome the availability of raw materials that are thinning or the abundance of used materials can be done by recycling. In this study Al-Si recycling alloys derived from used wheels varied with holdmelt time 0, 20, 30, 40, 50, and 60 minutes. To search for holdmelt time relationships against roughness and yield casting on the recycling of the wheels. From the results of this study indicate that the yield yield casting tends to rise at each level of holdmelt time, while the roughness value of each level of holdmelt time tends to decrease. That's because the longer holdmelt time Al melted alloy has melted overall. So when the pouring of molten metal into the mold there is no precipitate which can clog the mold so that the molten metal can fill the entire mold cavity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/751/051807891
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Recycling, Holdmelt Time, Roughness, Yield Casting.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.24 Chassis > 629.248 Wheels
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:17
Last Modified: 28 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12552
[thumbnail of Dwi Susanto.pdf]
Preview
Text
Dwi Susanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item