Pranata, Dery Rega (2018) Pengaruh Air Fuel Ratio (AFR) Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah 3 kali Pengapian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Motor bakar 6 langkah adalah motor bakar hasil pengembangan dari motor bakar 4 tak dengan 2 langkah tambahan guna meningkatkan unjuk kerja serta efisiensi dari suatu mesin. Pada penelitian sebelumnya, motor bakar 6 langkah masih menggunakan bahan bakar pertamax 92 tanpa dicampur dengan zat apapun, pada penelitian ini bahan bakar akan dicampur dengan bahan bio fuel yaitu ethanol dengan tujuan menaikan oktan, dan juga sebagai bahan bakar alternatif demi menghemat penggunaan bahan bakar fosil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa motor bakar 6 langkah berbahan bakar gasohol E20 dengan variasi AFR yaitu ; 1:13 , 1:14 , dan 1:15. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental nyata (Experimental Research) yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung untuk memperoleh data sebab akibat melalui eksperimen guna mendapatkan data empiris yang secara langsung digunakan ke obyek yang akan diteliti. Obyek tersebut akan diambil datanya pada tahapan-tahapan dan secara langsung diuji pada objek yang dituju. Untuk mengetahui pengaruh Air Fuel Ratio (AFR) terhadap unjuk kerja motor bakar 6 langkah dievaluasi berdasar nilai torsi, daya efektif, SFCe dan efisiensi termal. Diantara hasil penting dari study ini adalah, dengan membandingkan AFR dari campuran miskin hingga campuran kaya, diketahui bahwa campuran kaya cenderung menghasilkan daya dan torsi yang besar, akan tetapi konsumsi bahan bakar spesific dari motor bakar 6 langkah lebih tinggi. Selain itu, efisiensi termal tertinggi ternyata dicapai pada campuran yang miskin.
English Abstract
Six Stroke Combustion Engine is the development of 4 stroke combustion engine with 2 additional strokes to increase the performance and efficiency of a combustion engine. In the previous study, 6 Stroke combustion engine still uses fuel pertamax 92 without mixing with any substance, in this research the fuel will be mixed with bio fuel materials, that is, ethanol with the aim of raising octane, and also as an alternative fuel to save the use of fossil fuels. This study objects to determine the performance of 6 stroke combustion engine by using gasohol E20 with AFR variations namely; 1:13, 1:14, and 1:15. This research uses real experimental method (Experimental Research), that is, by doing direct observation to obtain cause and effect relationships through experiment to get empirical data which directly used to the test section. To determine effects of the Air Fuel Ratio (AFR) to the performance of a 6 Stroke combustion engine, evaluation is based on the value of torque, effective power, SFCe and thermal efficiency. Some important results of this study are, by comparing AFR starts from a poor ratio to a rich ratio, rich ratio tends to gain a great power and torque, however, the specific fuel consumption of 6 Stroke combustion engine is on higher value. Secondly, the highest thermal efficiency of the engine is in poor ratio.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/745/051807885 |
Uncontrolled Keywords: | Air Fuel Ratio, Motor Bakar 6 langkah, Unjuk Kerja. Air Fuel Ratio, Motor Fuel 6 stroke, Performance. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.25 Engines > 629.254 Ignition, electrical, electronic systems of internal-combustion engines |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 06:39 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12542 |
Preview |
Text
Dery Rega Pranata.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |