Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Genitalia Ekstrerna Saat Menstruasi Terhadap Perilaku Personal Hygiene Genitalia Eksterna Saat Menstruasi Di Smp Brawijaya Smart Scho

Sakinah, Enda (2015) Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Genitalia Ekstrerna Saat Menstruasi Terhadap Perilaku Personal Hygiene Genitalia Eksterna Saat Menstruasi Di Smp Brawijaya Smart Scho. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan data WHO (2007), prevalensi penyebab keputihan tahun 2006, 25%-50% candidiasis, 20%-40% bacterial vaginosis dan 5%-15% trichomoniasis. Pada saat menstruasi, saat tubuh berkeringat akan meningkatkan kadar kelembaban tubuh pada organ reproduksi yang dapat mengakibatkan bakteri berkembang biak dan keseimbangan vagina terganggu sehingga menimbulkan infeksi dan keputihan. Pengetahuan tentang hygiene dan perawatan yang baik merupakan faktor penentu dalam memelihara kesehatan reproduksi. Oleh karena itu kebersihan organ reproduksi harus lebih dijaga. Tujuan dari penelitian ini Membuktikan Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Terhadap Perilaku Personal Hygiene Genitalia Eksterna Saat Menstruasi Pada Remaja di SMP Brawijaya Smart School Malang Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling sebanyak 62 siswi yang sudah mengalami menstruasi 1 sampai 2 tahun. Dinilai melalui kuisioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian di dapatkan bahwa tingkat pengetahuan remaja tentang personal hygiene kurang sebanyak 27 remaja (43,5%) dan perilaku personal hygiene remaja yang kurang baik sebanyak 22 remaja (35,5%). Untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan remaja terhadap perilaku personal hygiene menggunakanuji rank spearman, didapatkan hasil p value 0,001 dengan koefisien korelasi sedang yaitu 0,412. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan remaja putri mempengaruhi perilaku personal hygiene genitalia eksterna saat menstruasi yang bermakna. Dari penelitian ini maka perlu adanya penyuluhan guna memperbaiki perilaku personal hygiene remaja putri saat menstruasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/585/051504579
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Aug 2015 10:03
Last Modified: 22 May 2023 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125370
[thumbnail of Enda Sakinah.pdf] Text
Enda Sakinah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item