Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Dan Hubungannya Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Anitamma, NaimaRifda (2015) Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Dan Hubungannya Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap Mahasiswa Mempunyai Gaya Belajar Yang Berbeda-Beda, Dengan Mengetahui Gaya Belajar Yang Efektif Akan Menghasilkan Hasil Belajar Yang Baik. Gaya Belajar Dibagi Menjadi Tiga Tipe Yaitu Gaya Belajar Audio, Gaya Belajar Visual Dan Gaya Belajar Kinestetik. Dari Ketiga Gaya Belajar Tersebut Pada Umunya Hanya Satu Yang Dominan. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Gaya Belajar Yang Dominan Dan Hasil IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Dan Menganalisis Apakah Terdapat Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar (IPK). Jenis Penelitian Ini Adalah Deskriptif-Analitik. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Angaktan 2011.Pengambilan Data Diambil Dengan Dua Metode Yaitu Dengan Kuisioner VAK Untuk Mengambil Data Tentang Gaya Belajar Dan Metode Dokumentasi Untuk Mengambil Data Prestasi Akademik Mahasiswa. Pengolahan Data Diuji Dengan Menggunakan Chi Square Untuk Mengatahui Adanya Hubungan Adanya Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Mahasiswa PSPDG FKUB Memiliki Gaya Belajar Yang Dominan Adalah Gaya Belajar Audio Yaitu 34 Orang Dan Hasil Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa PSPDG Dominan Pada IPK Kategori Sangat Memuaskan (2,76-<3,50). Setelah Diuji Statistik Didapat P>0,05 Yang Artinya Tidak Hubungan Yang Signifikan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Bahwa Antara Gaya Belajar Auditori, Visual Dan Kinestetik Tidak Ada Yang Lebih Unggul Ketiganya Pengaruhnya Sama. .

English Abstract

Each Of College Student Has Its Own Learning Style. Knowing And Understanding An Effective Learning Style Could Resulted A Better Outcome. Three Types Of Learning Style Commonly Used, Which Is Audio, Visual And Kinesthetic. The Purpose Of This Research Is To Asses Which Learning Style Dominantly Used Proceeded With An Analyzing Further Effects Of Dominant Learning Style Toward Cumulative Achievement Index (IPK) Of Dentistry Medical Faculty Of Brwaijaya University College Student. This Research Used Descriptive-Analytic Design. The Population Of Samples Taken Are From Batch 2011 Dentistry College Student. Data Acquired With VAK Questionnaire On Behalf Of Determining Learning Syles And Documentation To Acquire Cumulative Achievement Index. Data Tested Using Chi Square To Assess Coherency Between Dominant Type Of Learning Style And Cumulative Achievement Index. The Results Revealed That Audio Type Of Learning Is Dominantly Used By 34 College Students With Cumulative Achievement Index Ranging At 2,76<3,50 Which Is Categorized As Highly Satisfying. Statistic Test Resulted A Significant Coherency Between Learning Style And Cumulative Achievement Index With (P>0,05) Means No Significant Relationship Between Learning Styles And Academic Achievement. The Conclusion From This Study Is That The Learning Styles Auditory, Visual And Kinesthetic Nothing Superior To All Three The Same Effect..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/532/051503885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jun 2015 08:27
Last Modified: 19 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125312
[thumbnail of 10_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01_Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
01_Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_Lampiran.pdf]
Preview
Text
11_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 07_BAB_5.pdf]
Preview
Text
07_BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 08_BAB_6.pdf]
Preview
Text
08_BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09_BAB_7.pdf]
Preview
Text
09_BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 06_BAB_4.pdf]
Preview
Text
06_BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03_BAB_1.pdf]
Preview
Text
03_BAB_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 04_BAB_2.pdf]
Preview
Text
04_BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02_Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
02_Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05_BAB_3.pdf]
Preview
Text
05_BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item