Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Remaja Menjelang Ujian Nasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Lumajang).

Rahmawati, ReniCatur (2015) Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Remaja Menjelang Ujian Nasional (studi kasus di SMA Negeri 3 Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stres akademik merupakan gangguan perasaan terhadap instrumen pembelajaran, biaya pendidikan, tugas, proses pembelajaran kompetensi pembelajaran serta nilai ujian. Sedangkan kecerdasan emosional adalah kemampuan menggunakan emosi untuk memahami kondisi stres. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat stres akdemik pada remaja menjelang ujian nasional di SMA Negeri 3 Lumajang. Desain penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dipilih dengan metode simple random sampling dan besar sample 80 anak. Data diambil dengan menggunakan kuesioner modifikasi dari Darmawan untuk variabel kecerdasan emosional sedangkan untuk variabel stres akademik menggunakn kuesioner modifikasi dari Studen-life Stress Inventory oleh Gadzella dan Masten. Dari 80 responden diketahui sebagian besar (97%) memiliki kecerdasan emosional baik. Sedangkan untuk tingkat stres akademik sebagian besar (51%) memiliki tingkat stres akademik sedang. Dari analisa data menggunakan uji kolerasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien kolerasi -0,474 dan nilai p value sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 100% (α= 0,05), dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi adalah sedang. Nilai Koefisien kolerasi adalah negatif berarti semakin tinggitingkat kecerdasan emosional semakin rendah tingkat stres akademik dan sebaliknya semakin rendah tingkat kecerdasan emosional maka semakin tinggi tingkat stres akademik pada remaja. Saran bagi pelaksana perawat adalah dapat dibuatkan buku panduan cara meningkatkan kecerdasan emosional remaja oleh perawat dan sekolah guna tercapainya pengendalian terhadap stres akademik remaja.

English Abstract

Academic stress is the disruption feelings toward learning instruments, the cost of education, the task, the learning process and the learning competency test scores. While emotional intelligence is the ability to use emotions to understand the condition of stress. The purpose of this study was to determine the relationship of emotional intelligence level with the level of stress in young academics for national exams in SMAN 3 Lumajang. Design research is descriptive observational study with cross sectional study. The sample was selected by simple random sampling method and a large sample of 80 children. Data taken using a modified questionnaire from Darmawan for emotional intelligence variables while for variable use your academic stress questionnaire modification of Studen-life Stress Inventory by Gadzella and Masten. Of the 80 respondents, it is mostly (97%) had a good emotional intelligence. As for the level of academic stress majority (51%) had a moderate level of academic stress. From data analysis using Spearman rank correlation test values obtained correlation coefficient -0.474 and p value of 0.000 with a significance level of 100% (α = 0.05), it can be concluded that the relations are being. The coefficient of correlation is a negative value means that the emotional intelligence tinggitingkat the lower levels of academic stress and conversely the lower the level of emotional intelligence, the higher levels of academic stress in adolescents. Suggestions for implementing the nurse is able to be made guidebook teens how to improve emotional intelligence in order to achieve control of academic stress by nurses and school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/515/051503727
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jun 2015 10:50
Last Modified: 19 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125293
[thumbnail of 1.HUBUNGAN_TINGKAT_KECERDASAN_EMOSIONAL_DENGAN_TINGKAT_STRES_AKADEMIK_PADA_REMAJA.pdf]
Preview
Text
1.HUBUNGAN_TINGKAT_KECERDASAN_EMOSIONAL_DENGAN_TINGKAT_STRES_AKADEMIK_PADA_REMAJA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item