Anisa, Nur (2015) Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Tenaga Kesehatan (Perawat Dan Dokter) Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Hipertensi Di Poliklinik Jantung Rsud Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Prevalensi Hipertensi Di Rumah Sakit Dr. Syaiful Anwar Malang Menduduki Peringkat Pertama Dari Sepuluh Penyakit Terbanyak Rawat Jalan Pada Tahun 2011. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Tenaga Kesehatan Mempengaruhi Pasien Didalam Menggunakan Fasilitas Kesehatan Tersebut, Salah Satunya Adalah Kepuasaan Komunikasi. Dengan Adanya Kepuasan Komunikasi Pasien Akan Lebih Bersedia Untuk Mengunjungi Oelayanan Kesehatan Untuk Melakukan Kontrol. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengidentifikasi Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Tenaga Kesehatan (Perawat Dan Dokter), Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Hipertensi Serta Menganalisa Hubungan Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Tenaga Kesehatan (Perawat Dan Dokter) Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Hipertensi Di Poliklinik Jantung Rsud Dr. Saiful Anwar Malang. Penelitian Ini Menggunakan Desain Cross Sectional. Sample Dipilih Dengan Menggunakan Teknik Purposive Sampling Dengan Kriteria Inklusi Eksklusi Dan Didapatkan Sampel Sejumlah 192 Orang. Berdasarkan Hasil Penelitian, Tingkat Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Baik Perawat Maupun Dokter Sebagian Besar Tergolong Baik (Masing-Masing 69%). Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Terhadap Perawat Sebagian Besar Tergolong Puas (84%) Sedangkan Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Terhadap Dokter Sebagian Besar Tergolong Sangat Puas (56%). Berdasarkan Hasil Uji Spearman Didapatkan Bahwa Terdapat Hubungan Yang Rendah Antara Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Tenaga Kesehatan (Perawat Dan Dokter) Dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien Hipertensi Di Poliklinik Jantung Rsud Dr. Saiful Anwar Malang, Baik Terhadap Perawat (R = 0,337) Maupun Dengan Dokter (R = 0,386). Sehingga, Disarankan Bagi Institusi Terkait Untuk Memberikan Perhatian Yang Lebih Baik Lagi Tentang Pentingnya Komunikasi Yang Dilakukan Oleh Tenaga Kesehatan Kepada Pasien, Agar Mahasiswa Keperawatan Mampu Melakukan Komunikasi Terapeutik Dengan Benar Dan Tepat.
English Abstract
The Prevalence Of Hypertension In The Dr. Saiful Anwar Hospital Was At The First Ranked Of Ten Most Disease Outpatient In 2011. The Patient’s Satisfaction To Healthworker’s Service Is Adverse Patient To Using That Facilite Again, One Of Them Is Satisfaction Of Communication. Satisfaction Of Communication Affecting Patient To Use The Facility Again For Control Their Conditions. This Research Aimed To Identifying Health Workers ( Nurses Or Doctors ) Verbal And Non Verbal Communication , Satisfaction Of Communication In Patients And Also To Analyzing The Relationship Of Health Workers ( Nurses Or Doctors ) Verbal And Non Verbal Communication With Satisfaction Of Communitacion In Hypertension’s Patients At The Cardio Polyclinic Dr. Saiful Anwar Hospital. The Research Used Cross Sectional Design. The Sample Was Selected Using The Purposive Sampling Technique With The Inclussion Exclusion Criteria And Obtained 192 People As Sample. Based On The Result Of Research, The Level Of Communication Of Patient’s With Both Of Nurses And Doctor Is Good ( Each 69 % ). The Level Of Patients Satisfaction Of Communication With Nurses Is Satisfied ( 84 % ) And The Level Of Patients Satisfaction Of Communication With Doctor Is Very Satisfied (56 %). Based On The Results Of Spearman Test, The Relationship Between Communication And Patient’s Satisfaction Of Communication With Nurses ( R = 0,337 ) Or With Doctors ( R = 0,386 ) Is Low. Thus , The Avice For The Relevant Institutions Is To Give Better Attention About The Importance Of Communication That Is Done By Health Workers) To Patients , So That Nursing’s Students Can Be Able To Do Therapeutic Communication Well And Correctly.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2015/451/051503650 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 09:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125225 |
Preview |
Text
BAB_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_7.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_DAN_DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_INDO_DAN_INGGRIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |