Perbandingan Kemampuan Self-Directed Learning (Sdl) Mahasiswa Tahun Pertama Dengan Tahun Ketiga Di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

A`raaf, SeptianitaIncha (2015) Perbandingan Kemampuan Self-Directed Learning (Sdl) Mahasiswa Tahun Pertama Dengan Tahun Ketiga Di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode Pendidikan Yang Diterapkan Pada Pspdg Fkub Adalah Problem- Based Learning (Pbl). Salah Satu Tujuan Metode Pbl Adalah Mengembangkan Kemampuan Self-Directed Learning (Sdl) Pada Mahasiswa. Sdl Merupakan Kemampuan Mahasiswa Untuk Belajar Secara Mandiri. Kemampuan Ini Berguna Untuk Menetapkan Kebutuhan Dan Tujuan Belajar Mahasiswa. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Membandingkan Kemampuan Sdl Mahasiswa Tahun Pertama Dan Tahun Ketiga Di Pspdg Fkub. Desain Penelitian Ini Adalah Penelitian Kuasi Eksperimental, Dimana Seluruh Anggota Kelompok Menjadi Sampel. Sampel Dibagi Menjadi Dua Kelompok, Yang Pertama Adalah Kelompok Studi Yaitu Mahasiswa Tahun Ketiga Yang Sudah Pernah Mengikuti Proses Pbl. Dan Kelompok Kontrol Adalah Mahasiswa Tahun Pertama Yang Belum Mengikuti Proses Pbl. Instrumen Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Adalah Kuesioner Yang Diadaptasi Dari “Self Rating Scale Of Self Directed Learning (Srssdl)” Oleh Swapna N Williamson. Hasil Analisa Data Menggunakan Independent Samples T-Test Didapatkan Perbedaan Bermakna Skor Sdl Tahun Pertama Dan Tahun Ketiga (P<0,05). Untuk Rata-Rata Didapatkan Tahun Pertama Sebesar 228,77, Sedangkan Rata-Rata Untuk Tahun Ketiga Sebesar 214,83. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Terdapat Perbedaan Bermakna Skor Sdl Antara Mahasiswa Tahun Pertama Dan Ketiga, Dan Kemampuan Sdl Mahasiswa Tahun Pertama Lebih Tinggi Dibandingkan Tahun Ketiga. Hal Ini Menunjukkan Pembentukan Kemampuan Sdl Pada Mahasiswa Tahun Ketiga Di Pspdg Fkub Melalui Metode Pbl Masih Belum Terbentuk Dengan Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Tersebut Disarankan Untuk Melakukan Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Pbl Di Pspdg Fkub.

English Abstract

One Of Medical Education Method That Applied School Of Dental Medicine, University Of Brawijaya Is Problem-Based Learning (Pbl). The Purpose Of This Pbl Method Is To Develop Self-Directed Learning (Sdl) Skill Amongst Student. Sdl Skills Is The Ability Of Student To Study Independently. This Ability Is Very Helpful To Set Learning Need And Learning Objectives. The Purpose Of This Research Is To Compare Sdl Skills Between First Year And Third Year Student School Of Dental Medicine, University Of Brawijaya. The Method Used In This Research Is Quasi Experimental Where All Member Of Class Become Samples. The Samples Into Two Group, One Group Is Study Group. This Group Contain Third Year Students Which Have Attended Pbl Process. Second Group Called Control Group Who Contain First Year Students That Never Attend Pbl Process. The Quesioner Instrumen That Used In This Research Adapted From “Self Rating Scale Of Self Directed Learning (Srssdl)” By Swapna N Williamson. Result Of Data Analyze With Independent Samples T-Test Indicate Distinction Sdl’s Skor Between First Year And Third Year Students (P<0,05). The Average Of Sdl In First Year Students Are 228,77, Therefore Third Year Student Are 214,83. The Conclusion Of This Research Is There Distinction Between Sdl Skills In First Year And Third Year Students. Sdl Skill Of First Year Students Is Higher Than Third Year Students. The Result Indicate That Sdl Skill Development In Third Year Student Through Pbl Method Need To Be Improve. The Result Of Research, Reseracher Recommend To Evaluate Pbl Process In Pspdg Fkub.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/447/051503646
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jun 2015 09:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125220
[thumbnail of bab_7.pdf]
Preview
Text
bab_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover+daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Cover+daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item