Hubungan Karakteristik Ibu dengan Perilaku Ibu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun di TK ABA 32 Malang

Azizah, Laili Nur (2015) Hubungan Karakteristik Ibu dengan Perilaku Ibu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun di TK ABA 32 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap anak perlu mendapatkan stimulus yang tepat sedini mungkin agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Peran aktif orang tua terhadap pemberian stimulus pada anak sangat diperlukan terutama pada saat usia balita. Perilaku ibu dalam memberikan stimulus tumbuh kembang pada anak mungkin berkaitan dengan karakteristik ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu dengan perilaku ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan pada anak di usia prasekolah 3-6 tahun di TK ABA 32 Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Berdasarkan uji analitik dengan menggunakan Chi Square didapatkan ada 5 karakteristik ibu yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam memberikan stimulasi yaitu usia ibu (p=0,029), jumlah anak (p=0,042), tingkat pendidikan ibu (p=0,033), status pekerjaan ibu (p=0,024), dan tingkat pendapatan keluarga (p=0,001). Jumlah sumber informasi yang didapatkan ibu tidak signifikan dengan perilaku ibu (p=0,087). Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat pendidikan ibu, semakin tinggi tingkat pendapatan keluarga, ibu tidak bekerja, semakin produktif umur ibu, dan semakin sedikit jumlah anak dalam keluarga, maka perilaku ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan anaknya yang berusia prasekolah 3-6 tahun juga akan semakin baik.

English Abstract

Every child needs to get the right stimulus as early as possible in order to grow and develop optimally. Parents active role on children stimulus is needed, especially at the age under five. Mother`s behavior to stimulate growth in children may be related to mother`s characteristics. This study aimed to determine the relationship between the characteristics of mothers with mother`s behavior in stimulating development in 3-6 years old preschool children in TK ABA 32 Malang. The design study is an observational cross-sectional approach. Samples were selected using purposive sampling technique with a total sample of 93 respondents. Based on analytical test using Chi Square were found 5 maternal characteristics which correlated with Mother`s behavior in providing stimulation, Those are mother`s age (p = 0,029), number of children (p = 0,042), mother`s education level (p = 0,033), mother`s employment status (p = 0,024), and family income level (p = 0,001). The amount of resources which mother obtained was insignificant with mother`s behavior (p = 0,087). The conclusion of this study is the higher mother's education level resulting the higher family income, the mother does not work, the more productive mother`s age, and the fewer number of children in the family, the mother's behavior in stimulating the development of 3-6 years old preschool children also the better.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/4/051500228
Uncontrolled Keywords: karakteristik ibu, perkembangan anak, stimulasi, prasekolah; mother`s characteristics, child development, stimulation, preschooler
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jan 2015 13:16
Last Modified: 11 Dec 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125167
[thumbnail of SKRIPSI_LAILI NUR AZIZAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LAILI NUR AZIZAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item