Hubungan Kualitas Dukungan Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-5 Tahun

Kalista, YunikeAnggi (2015) Hubungan Kualitas Dukungan Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-5 Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usia 1-5 tahun merupakan periode emas bagi seorang anak karena pada masa ini kemampuan bahasa anak berkembang dengan pesat. Perkembangan bahasa akan maksimal jika ditunjang oleh kualitas dukungan yang baik yang diberikan oleh orang tuanya. Dukungan orang tua itu sendiri tidak hanya dapat diukur dari kuantitas dukungan tetapi juga tingkat baik buruknya dukungan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas dukungan orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 1-5 tahun. Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study terhadap masing-masing 38 pada orang tua anak dan anak usia 1-5 tahun di Posyandu Gelatik I. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 38 responden. Variabel yang diukur adalah kualitas dukungan orang tua dan perkembangan bahasa anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisoner yang telah dinyatakan valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Uji statistik menggunakan korelasi Rank Spearman dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan bermakna antara kualitas dukungan orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 1-5 tahun, dengan kekuatan korelasi sebesar 0,940. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah semakin tinggi kualitas dukungan orang tua terhadap balitanya maka perkembangan bahasa balita akan semakin baik (meningkat). Perlu adanya penyuluhan tentang dukungan orang tua dan skrining perkembangan bahasa anak secara teratur.

English Abstract

Age 1-5 years old is a golden period for children, because children’s language development are growing rapidly. Language development will maximum if it is supported by good quality of parental support. The parental support is not only about quantity but also good and bad as well. The purpose of this study was to determine the relationship between thq quality of parental support and language development of 1-5 years old children. This study is a observational analytic research design with cross sectional method conducted on 38 mothers and her children in Posyandu Gelatik I as respondents. Samples were selected using purposive sampling technique. The variable measured in this study is quality of parental support and children language development. The data analysed by Correlation Spearman with significance value 95%. Moreover, result indicate that there was a positive correlation between the quality of parental support and children language development with 0,940 correlation strength. The conclusion of this study is the higher levels of the quality parental support will increased children language development. Need more education about parental support and monitoring child’s language development continuity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/346/051502862
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Apr 2015 10:48
Last Modified: 19 Oct 2021 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125109
[thumbnail of 10.BAB_4_rev.pdf]
Preview
Text
10.BAB_4_rev.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB_7.pdf]
Preview
Text
13.BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15.Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
15.Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.BAB_6.pdf]
Preview
Text
12.BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11.BAB_5rev_pak_kumbo_27feb15.pdf]
Preview
Text
11.BAB_5rev_pak_kumbo_27feb15.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16.Lampiran_3-8.pdf]
Preview
Text
16.Lampiran_3-8.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 17.Lampiran_9_.rev.pdf]
Preview
Text
17.Lampiran_9_.rev.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Halaman_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3._Halaman_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Halaman_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2._Halaman_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 18.Lampiran_10_korelasi.pdf]
Preview
Text
18.Lampiran_10_korelasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
6.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._abstrak.pdf]
Preview
Text
5._abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.revisi_babI.pdf]
Preview
Text
7.revisi_babI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.revisi_bab_II.pdf]
Preview
Text
8.revisi_bab_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_3.pdf]
Preview
Text
9.BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item