Rahmawati, Putri (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Toilet Training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-hari sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya. Salah satu tugas kemandirian yang harus sudah dilaksanakan pada anak usia prasekolah adalah kemampuan toileting yakni anak mampu buang air kecil dan besar di kamar mandi. Kemampuan toileting merupakan sebuah hasil dari upaya pelatihan kontrol BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar) anak yang masing-masing dilakukan oleh sistem perkemihan dan defekasi yang biasa disebut toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling untuk memilih sampel anak usia prasekolah. Data diolah secara chi square dan regresi logistik berganda (α < 0.05). Penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training. Faktor yang berpengaruh adalah faktor ibu ( pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, pelatihan). Dari beberapa faktor tersebut yang paling mempengaruhi tingkat keberhasilan toilet training adalah pengetahuan ibu ( p = 0.019, OR = 4.806, 95% CI = 1.300, 1.763).
English Abstract
Self-reliance is the ability to perform activities or everyday tasks in accordance with the stages of development and capacity. One of the tasks of independence that must be implemented in preschool children is the ability of the childs toileting to urinate and defecate in the bathroom. Toileting capability is a result of the training effort bladder (urinating) and bowel (defecation) control which performed by urination and defecation system commonly called toilet training. This study aimed to determine factors that affect the success rate of toilet training in preschool children (3-6 years) in kindergartens Lowokwaru District Malang City. The study design was cross-sectional. Sampling in this study used non-probability sampling technique with purposive sampling method to select a sample of preschoolers. The data were processed using chi-square and logistic regression (α < 0.05). This study showed the factors that influence the success rate of toilet trainingwere derived from maternal factors (education, employment, knowledge, training). The most affecting was the mother knowledge ( p = 0.019, OR = 4.806, 95% CI = 1.300, 1.763).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2015/190/051501633 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Feb 2015 07:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124938 |
Preview |
Text
6-BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7-BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9-BAB_VII_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8-BAB_VI_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10-DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._halaman_judul.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.DAFTAR_ISI_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3-BAB_I__.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2.ABSTRAK__indonesia_+_inggris.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4-BAB_II_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5-BAB_III_.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |