Wahyuni, Dwi (2015) Hubungan Perilaku Caring dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Bedah Rumah Sakit TK II dr. Soepraoen Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyak faktor dan tingkat kepuasan pasien adalah dua hal yang berbeda. Namun, perilaku caring perawat sangat berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien. Hal ni dikarenakan caring perawat merupakan tindakan yang diberikan oleh perawat dalam memberikan pelayanan dan memperoleh timbal balik berupa kepuasan pelanggan dalam menerima perilaku dari perawat. Rancangan penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sample dipilh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sample 33 perawat dan 52 pasien. Variabel independennya yang diukur adalah perilaku caring perawat dan variabel dependennya adalah tingkat kepuasan pasien. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Analisa data dilakukan dengan uji statistic Spearman Rho. Hasil analisis menunjukkan p value ( p < 0,05 ) dan r value 0,561 menunjukkan bahwa antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien mempunyai hubungan yang signifikan. Saran bagi tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kesehatan perilaku caring terhadap pasien untuk meningkatkan kesehatan dan memberikan pasien tingkat kepuasan yang maksimal.Banyak faktor yang mempengaruhi caring perawat diantaranya varibel individu, organisasi dan psikologis.
English Abstract
Many factors that influence nurse caring behavior are individual variable, organization and physicologys. Nurse caring and patient’s satisfication level is two problems that different. But, nurse caring behavior so impaired with patient’s satisfication level. It’s caused of nurse caring behavior as intervention that given by nurse for giving service abd get feedback as the patient’s satisfication from nurse caring. The study design was using analytic observational with cross sectional approach. Sample were choosen using purposive sampling technique 33 research nurses and 52 research patients subject were collected. The independent variable is nurse caring behavior and patient’s satisfication level as the dependent variable. Data collecting method used questionnaire. Data analyses by using Spearman Rho. Analyses that between nurse caring p value ( p < 0,05 ) and r value 0,0561 indicates that between nurse caring behavior with patient’s satisfication level has significant relation. Suggestion for paramedics hopefully can improve behavior caring for patient as for improving their healthy and give the maximal satisfication for patient.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2015/131/051501107 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 13 Feb 2015 15:46 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124872 |
Preview |
Text
4._BAB_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5._BAB_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7._BAB_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
8._BAB_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9._BAB_7.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6._BAB_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11._Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3.__BAB_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |