Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Skor Kecemasan Pada Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 1 Parengan Tuban Sebelum Menghadapi Ujian Tengah Semester (Uts)

Yudinata, Theo (2015) Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Skor Kecemasan Pada Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 1 Parengan Tuban Sebelum Menghadapi Ujian Tengah Semester (Uts). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ujian tengah semester merupakan suatu ujian yang dilaksanakan pada pertengahan semsester dan wajib di laksanakan oleh semua siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus sebagai syarat untuk lulus. Dengan keadaan seperti itu menyebabkan timbulnya cemas dalam menghadapi ujian tengah semseter. Relaksasi nafas dalam adalah teknik dengan cara menghirup nafas dalam dan mengeluarkannya selama beberapa kali yang dapat membuat kondisi relaks, tenang, dan terfokus sehingga dapat menghadapi situasi cemas yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh relaksasi teknik nafas dalam terhadap penurunan skor kecemasan pada siswa kelas IX SMP 1 Parengan Tuban sebelum menghadapi UTS. Rancangan penelitian yang digunakan quasy eksperiment dengan nonequivalent time sample design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP 1 Parengan Tuban yang diambil dengan teknik purposive sampling dan memenuhi kriteria inklusi sampel yang berjumlah 30 orang. Teknik analisa menggunakan Uji t berpasangan untuk mengetahui perbedaan penurunan kecemasan antara pre test dan post test. Hasil uji t berpasangan didapatkan nilai p= 0,000 < 0,05 sehingga dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh relaksasi nafas dalam terhadap penurunan skor kecemasan pada siswa kelas IX SMP 1 Parengan Tuban sebelum menghadapi UTS. Disarankan relaksasi nafas dalam digunakan sebagai salah satu pilihan intervensi mandiri keperawatan untuk menurunkan skor kecemasan. Keterbatasan penelitian adalah faktor-faktor penyebab kecemasan masih tetap ada walaupun telah terjadi penurunan skor kecemasan. Berdasarkan keterbatasan dalam penelitian ini, perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang relaksasi nafas dalam terhadap penurunan skor kecemasan dengan memperhatikan faktor-faktor penyebab kecemasan dan faktor-faktor lain yang dapat menurunkan skor kecemasan.

English Abstract

Middle semester exam were a test conducted in mid semsester and compulsory carried by all students to get good grades as a condition for graduation. In such conditions can cause anxiety before facing the midterm semseter. Deep breathing relaxation is a technique by inhaling a deep breath and release it over a few times to create a state of relaxation, calm, and focused so that it can deal with anxious situations. The purpose of this study to determine whether there was an effect of relaxation breathing techniques to decrease the score of anxiety in the ninth grade students of SMP 1 Parengan Tuban before facing UTS. The research design used quasy experiment with nonequivalent time sample design. The sample in this study were ninth grade students of SMP 1 Parengan Tuban taken by purposive sampling technique and met the inclusion criteria sample of 30 people. Mechanical analysis using a paired t test to determine differences in anxiety reduction between pre-test and post-test. Results of paired t test p value = 0.000 <0.05 so it can be interpreted there is a significant difference between pre-test and post-test. The conclusion of this study is there is an effect of deep breathing relaxation on reducing the level of anxiety in ninth grade students of SMP 1 Parengan Tuban before facing UTS. Deep breathing relaxation is recommend to used as one of the independent nursing interventions to reduce the level of anxiety. Limitations of the study are the factors that cause anxiety is still there even though there has been a decrease in the score of anxiety. Based on the limitations of this study, further research needs to be done on deep breathing relaxation to decrease anxiety scores by taking into the main factors that cause anxiety and other factors that can reduce the score of anxiety.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/751/051500953
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2015 23:42
Last Modified: 09 Feb 2015 23:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124777
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item