Wilundhari, PratitisOvilia (2014) Hubungan Kualitas Lingkungan Pengasuhan dan Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan Sosial Emosi Adalah Aspek Psikis Yang Sangat Berpengaruh Terhadap Perilaku Individu Pada Umumnya, Khususnya Anak-Anak Pada Masa Pra Sekolah. Masa Pra Sekolah Merupakan Masa Yang Sangat Peka Terhadap Lingkungan Dan Pada Masa Ini Berlangsung Sangat Pendek Serta Tidak Dapat Diulangi Lagi, Maka Masa Pra Sekolah Disebut Juga Sebagai Masa Keemasan, Jendela Kesempatan Dan Masa Kritis. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Dipengaruhi Oleh Banyak Faktor, Salah Satunya Adalah Kualitas Lingkungan Pengasuhan. Kualitas Lingkungan Pengasuhan Adalah Kualitas Lingkungan Dimana Sehari-Hari Anak Tinggal Dan Berinteraksi Dengan Individu Lain. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedungkandang Malang. Desain Penelitian Yang Digunakan Adalah Observasional Analitik Dengan Pendekatan Cross-Sectional. Sampel Yang Dipilih Menggunakan Teknik Purposive Sampling Dengan Jumlah Sampel Sebanyak 40 Responden. Berdasarkan Uji Analitik Dengan Menggunakan Chi Square Dengan Tingkat Kepercayaan 95% Didapatkan Nilai Signifikansi Sebesar 0.000 (P < 0.005) Pada Hubungan Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah Terdapat Hubungan Positif Antara Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun). Semakin Tinggi Atau Baik Kualitas Lingkungan Pengasuhan, Maka Semakin Baik Pula Perkembangan Sosial Emosi Anak. Sehingga Disarankan Kepada Orangtua Agar Lebih Mengoptimalkan Perannya Dalam Menunjang Perkembangan Anak.
English Abstract
Generally, Social Emotional Development Is The Psychological Aspect That Affects The Behavior Of Individuals, Especially Children In Pre School. The Pre-School Is A Period That Is Very Sensitive To The Environment And In This Period Was Short-Lived And Can Not Be Repeated, Then The Pre-School Period Is Also Known As The Golden Age, The Window Of Opportunity And The Critical Period. Social Emotional Development In Children Is Influenced By Many Factors, One Of Which Is The Environmental Quality Of Care. Environmental Quality Of Care Is The Quality Of The Environment In Which The Childs Living Everyday And Interacting With Other Individuals. This Study Aimed To Determine The Relationship Of The Environmental Quality Of Care And Social Emotional Development In 3-6 Years Preschoolers Are In The Kotalama Village Kedungkandang District Of Malang. The Research Design Is Analytic Observational Cross-Sectional Approach. Samples Were Selected Using Purposive Sampling Technique With A Total Sample Of 40 Respondents. Based On Analytical Test Using Chi Square With A Confidence Level Of 95% Obtained A Significance Value Of 0.000 (P <0.005) On The Relationship Of Environmental Quality Care And Social Emotional Development. The Conclusion From This Study Is That There Is A Positive Correlation Between The Quality Of The Care Environment And Social Emotional Development In Children Of Preschool Age (3-6 Years). The Higher Or Better Environmental Quality Of Care, The Better The Social Development Of Childrens Emotions. So It Is Recommended For The Parents To Further Optimize Its Role In Supporting The Development Of The Children
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2014/709/051500261 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 09:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124732 |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN_DAN_SINGKATAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_PRATITIS_OVILIA_W_115070600111021.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VII.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |